Home Berita Emha Ainun Nadjib Ramal, Kelak Pemimpin Indonesia Orang Berpendidikan dan Berpengalaman, Siapa...

Emha Ainun Nadjib Ramal, Kelak Pemimpin Indonesia Orang Berpendidikan dan Berpengalaman, Siapa Dia?

Jakarta, Sumbawanews.com.- Munculnya tiga bakal Calon Presiden (Capres) membuat Budayawan, Emha Ainun Nadjib meramal Indonesia akan dipimpin cendekiawan. Pemimpin tersebut juga paham sejarah Yogyakarta.

Ramalan itu beredar dalam bentuk rekaman suara. Cak Nun, sapaan akrab Emha Ainun Nadjib, juga meramalkan akan terjadi gunung besar meletus.

Baca juga: Modifikasi Lambang Garuda oleh Capres, Apa Boleh? Ini Ketentuannya

Cak Nun yang sudah puluhan tahun menetap di Yogyakarta juga pernah menyampaikan itu kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perihal jangan sampai Jakarta mengingkari keistimewaan Yogyakarta.

“Saya terang-terangan ngomong itu di depan SBY, ndak bisa anda tinggal Jogja, ndak bisa anda mengingkari keistimewaan Jogja. Ini bukan soal konstitusi. Ini soal sejarah,” kata Cak Nun dikutip dari akun Youtube kangngopee, Sabtu (3/6/2023).

Baca juga: Viral! Modifikasi Burung Garuda Oleh Tiga Capres, Warganet: Ganjar Paling Buruk

Cak Nun juga meramalkan kalau nanti terjadi letusan gunung dasyat, nantinya Yogya akan jadi tempat mempersiapkan kembali peradaban manusia.

“Nanti kalau ada gunung terbesar di dunia yang sekarang belum banyak dikenal orang meleleh. Ada sebuah negara besar terguncang karena lelehan gunung terbesar ini. Kira-kira berapa tahun lagi, ketika itu dunia akan mengalami perubahan yang bermacam-macam dan Yogya adalah tempat dan manusianya disiapkan untuk membangung peradaban baru, tidak hanya di Indonesia tapi di muka bumi,” jelasnya.

Baca juga: KPK: Aset Rafael Alun Hampir Rp 100 Miliar

Dia pun menambahkan, bukan Yogyakarta yang belajar kepada Jakarta, justru terbalik.

“Jakarta harus kepada Jogja, karena Jogja lebih berpengalaman,” tegasnya.

Cak Nun meramalkan kelak pemimpin Indonesia adalah orang yang berpendidikan dan berpengalaman di Yogyakarta.“Kelak pemimpin Indonesia pasti orang yang berpendidikan dan berpengalaman di Yogyakarta,” terangnya. (sn03)

Previous articleSBY Turun Gunung Dukung Anies, Muslim Arbi: Jokowi Kewalahan
Next articleSatgas Yonif 143/TWEJ Bersama Tim PUPR Teliti Sumber Air Bersih Untuk Warga Papua
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.