Home Berita Dilantik Jadi Presiden, Erdogan : Pemilu 14 dan 28 Mei Banyak Arti

Dilantik Jadi Presiden, Erdogan : Pemilu 14 dan 28 Mei Banyak Arti

Ankara, sumbawanews.com – Presiden Recep Tayyip Erdoğan menghadiri Upacara Pelantikan Presiden yang diadakan di Kompleks Kepresidenan. Dan mengikuti sumpahnya di Majelis Umum Majelis Nasional Agung Turki (Türkiye Büyük Millet Meclisi/TBMM) dan kunjungannya ke Anıtkabir.

Dalam pidato, ia mengatakan, hasil pemilu 14 Mei dan 28 Mei memiliki banyak arti. “Bangsa kami, sekali lagi, dengan perolehan demokrasinya, memberi tahu kami ‘jangan berhenti; dalam perjalanan, teruslah bekerja, terus menghasilkan jasa dan karya,” katanya.

Baca Juga : Erdogan Terpilih Kembali, China : Kami Dukung Turki Ikuti Jalur Pembangunannya Sendiri

Upaya untuk membayangi kehendak nasional gagal. Seperti seabad lalu, Turki kembali menolak tawaran ‘mandat dan patronase.

Baca Juga : Terpilih Kembali Sebagai Presiden Turki, Erdogan Disambut Negara Barat dengan Berbagai Harapan

“Politik kerja dan pelayanan telah menang atas populisme, dan sekali lagi telah dipahami bahwa kehati-hatian dan pandangan jauh ke depan rakyat kita tidak boleh dianggap enteng,” ucapnya.

Baca Juga : Erdogan Menangi Pilpres, Putin : Selamat, Rusia Siap Lanjutkan Dialog Konstruktif

Dia Menyatakan, demokrasi Turki, yang telah dilukai oleh kudeta yang diulangi hampir setiap 10 tahun sejak 1950, telah sekali lagi membuktikan kedewasaannya kepada seluruh dunia. “Fitnah kediktatoran dan otokrasi oleh mereka yang tidak bisa mendapatkan bahkan setengahnya dari pemilih ke tempat pemungutan suara telah terlihat benar-benar kosong. Dengan pemilihan ini, kami tidak hanya menghancurkan kampanye yang telah dilancarkan melawan negara kami selama beberapa dekade, tetapi juga mengamankan masa depan kami. Sekali lagi dalam pemilihan ini, kami melihat bahwa tawaran kami untuk Abad Turki diterima oleh rakyat kami,” jelasnya.

Baca Juga : Sinan Ogan Dukung Erdogan di Putaran Dua Pilpres Turki

Dikatakan, Turki yang menyelesaikan perjuangan nasionalnya dengan berdirinya Republik seabad yang lalu, akan memahkotai abad kedua Republik dengan Abad Turki. “Kami akan meletakkan visi ini dipraktekkan langkah demi langkah selama lima tahun ke depan. Kami akan mengikuti semua janji yang kami buat kepada orang-orang kami di lapangan pemilihan. Apa pun yang telah kami janjikan selama 21 tahun terakhir, saya harap kami akan mewujudkannya satu per satu. Dengan menyelamatkan demokrasi kita dari Konstitusi saat ini, yang merupakan produk kudeta; Kami akan memperkuatnya dengan Konstitusi yang libertarian, sipil, dan menyeluruh. Kami akan terus menumbuhkan negara kami melalui investasi, lapangan kerja, produksi, ekspor, dan surplus saat ini. Kami bertekad untuk mempraktikkan prinsip ‘damai di rumah, damai di dunia’ Gazi Mustafa Kemal dalam arti sebenarnya,” tutur Erdogan. (Using)

Previous articlePanglima TNI Mutasi 68 Perwira Tinggi TNI di Bulan Juni, Ini Daftar Nama Lengkapnya
Next articlePetinggi Intelijen ASEAN Datangi Bali, TNI Tingkatkan Pengamanan
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.