Home Berita Digitalisasi Pendidikan, 18 PAUD Perolah Chromebook dari Kemendikbud

Digitalisasi Pendidikan, 18 PAUD Perolah Chromebook dari Kemendikbud

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Ikhsan Safitri mengatakan, saat ini sedang intens melakukan pembinaan-pembinaan ke semua satuan Pendidikan disemua jenjang. Baik PAUD, SD, maupun SMP, yang sifatnya fisik, maupun yang pembinaan.

“Tadi kita membuka pelatihan terkait dengan advokasi pemanfaatan chromebook bagi PAUD. Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan chrombook dari kemendikbud dan juga pelatihan untuk pemanfaatannya,” ucap H. Ikhsan Safitri di ruang kerjanya Jum`at (01/09).

Disebutkan, 18 satuan PAUD yang memperolah chromebook yang disertai pelatihan. “Direktorat PAUD datang langsung untuk memberikan materi-materi pelatihan sehingga chromebook itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan proses pembelajaran di satuan Pendidikan. Ini untuk tenaga pengajar, untuk sekolah,” ucapnya, juga menambahkan, sehingga memudahkan bagi anak-anak untuk mengenal IT, teklologi, dan mengambil Pelajaran yang penting dengan keberadaan teknologi.

Baca Juga: Dikbud Sumbawa Fasilitasi dan Awasi Pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi

Ia mengungkapkan, saat ini terdapat program digitalisasi Pendidikan, digitalisasi sekolah. Oleh karena itu, keberadaan laptop, chromebook, itu sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran di sekolah.

Ditegaskan, pola-pola pembelajaran yang sedang berlangsung saat ini, sudah tidak bisa lagi dipertahankan yang menggunakan pola-pola lama. Pola sekarang harus akrab dan bersahabat dengan teknologi. Sehingga conten-konten pembelajaran itu dapat betul-betul dimanfaatkan dan dikuasai. Bukan saja oleh guru, tapi juga oleh anak didik.

“Sehingga proses pembelajaran, dapat berjalan dengan lebih efektif,” jelas dia.

Ia mengakui, masih ada wilayah-wilayah yang tidak ada jaringan internet, seperti Kecamatan Orong Telu, dan wilayah kepulauan dan lainnya. “Tetapi ini kita lakukan secara bertahap, sehingga ada Kerjasama antar sekolah agar kesulitan-kesulitan itu bisa diatasi disatuan Pendidikan,” katanya.

Keberadaan perangkat teknologi dinilai penting, karena dunia Pendidikan sekarang adalah dunia teknologi. “Tidak bisa lagi dilakukan dengan pendekatan-pendekatan konservatif, pendekatan tradisional. Tetapi sentuhan-sentuhan teknologi yang memungkinkan anak-anak kita mendapatkan banyak ilmu dan informasi penting, serta mudah,” jelasnya. (Using)

Previous articleMasyarakat Banyualet Sangat Berterima Kasih Kepada TNI
Next articleKunjungi Kampus Poltekhan UNHAN Ben Mboi, NTT, Menhan Prabowo Apresiasi Karya Kadet Mulai dari Makanan sampai Pupuk
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.