Home Berita Di Beijing, Iran-Arab Saudi Makin Mesra

Di Beijing, Iran-Arab Saudi Makin Mesra

Beijing, sumbawanews.com – Kementerian Luar Negeri Iran, Kamis (06/04) menyebutkan, Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud. Pertemuan tersebut disebut sebagai Pertemuan bilateral positif dan konstruktif, di Beijing.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian menegaskan, hubungan resmi antara Teheran dan Riyadh resmi dilanjutkan mulai hari ini. Sesuai diskusi yang diadakan dan pesan yang dipertukarkan antara Raja Arab Saudi dan Presiden Iran, para pemimpin kedua negara bertekad untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan bilateral.

Baca Juga : Arab Saudi Disebut Setuju Gabung, Iran Kemungkinan Jadi Anggota Penuh SCO

Dia menyatakan kepuasan atss hubungan antara dua negara tetangga, sahabat dan persaudaraan telah kembali normal. Dan Republik Islam Iran siap untuk mengembangkan hubungan dengan Arab Saudi di semua bidang kepentingan.

Amirabdollahian menekankan perlunya mengembangkan hubungan di bidang ekonomi dan perdagangan serta investasi. Dan juga menyampaikan untuk mengadakan sidang komisi ekonomi bersama antara kedua negara.

Dia mengatakan posisi geopolitik Iran memberi Arab Saudi dan negara-negara Teluk Persia peluang unik untuk kerja sama komersial dengan negara-negara di utara Iran.

Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud juga menyatakan kepuasannya dengan diadakannya pertemuan dan dimulainya kembali hubungan resmi kedua negara di bulan suci Ramadhan. Yang menggambarkannya sebagai dasar berkah bagi kedua negara dan negara kawasan lainnya.

Mengacu pada pembukaan lembaran baru dalam hubungan kedua negara dan prospek baru dalam hubungan persahabatan dan persaudaraan antara Iran dan Arab Saudi, bin Farhan menekankan kesiapan negaranya untuk mengimplementasikan perjanjian yang ada antara kedua negara. Dia menyambut baik pertukaran delegasi tingkat tinggi antara kedua negara.

Dia mengatakan hubungan baru antara kedua negara menciptakan suasana positif baru di seluruh kawasan. Dan Arab Saudi siap memperkuat suasana positif dalam hubungan regional dengan bantuan dan kerja sama Iran.

Baca Juga : Perusahaan Arab Saudi Bangun Kilang di China

Dalam pertemuan tersebut, para pihak menyepakati pertukaran delegasi persiapan pembukaan kembali kedutaan dan konsulat kedua negara, pengaktifan perjanjian bersama dan pertukaran delegasi guna mengembangkan hubungan di berbagai bidang, antara lain di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, negosiasi antara delegasi ahli untuk dimulainya kembali penerbangan langsung, memfasilitasi penerbitan visa bagi warga negara kedua negara, termasuk visa umrah, serta memperkuat kerja sama di forum internasional. (Using)

Previous articleAlvin Bragg : Manhattan Tidak Izinkan Pemalsuan Catatan Bisnis
Next articlePasca Bencana Banjir di Bima, Ini Data Kerusakan dan KK yang terdampak
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.