Home Berita Soal Narkoba di Kalangan Pelajar, Dikbud Harap Kerjasama Seluruh Pihak

Soal Narkoba di Kalangan Pelajar, Dikbud Harap Kerjasama Seluruh Pihak

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, mengharapkan kerjasama seluruh pihak untuk mengatasi persoalan narkoba di kalangan pelajar. Mulai dari instansi pemerintah, masyarakat hingga keluarga dan orang tua.

“Boleh jadi tes urine itu dilakukan di sekolah, kita tidak bisa menjustifikasi persoalan itu ada di satuan pendidikan,” kata Kepala Dikbud Kabupaten Sumbawa, melalui Sekretaris, Sudarli di ruang kerjanya Kamis (12/10).

Dijelaskan, anak didik 30 persen di dukung didalam satuan pendidikan. Sementara 70 persennya di lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga. “Kita membanggun komitmen bagaimana meningkatkan kompetensi anak pada kognitifnya, tetapi sekaligus penguatan karakter. Penguatan karakter kita sejauh mana daya dukungnya terhadap perubahan anak,” ucapnya.

Baca Juga: Tes Urine Pelajar, 19 Positif Narkoba Dari 22 Sample Satu Sekolah di Sumbawa

Disebutkan, untuk mengatasi persoalan ini, tidak bisa bekerja hanya satuan pendidikan saja. “Kita berharap ada keterlibatan masyarakat, kerja bersama. Aparat pemerintah, tokoh masyarakat, mencari solusi. Kita hanya ada penguatan saja di satuan pendidikan,” ujar dia.

Sedangkan mengenai penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mendanai tes urine di satuan pendidikan, sejauh ini belum diatur dalam juknis penggunaan. “Kalau dibilang dilema iya. Bukan kita tidak mau setuju dari dulu. Agar ini tidak masuk dalam kategori penggunaan dana diluar juknis. Belum lagi ada kebutuhan juga di sekolah itu,” katanya.

Dan penggunaan dana BOS oleh satuan pendidikan, nantinya akan diaudit oleh BPK dan Inspektorat. “Juknis BOS sudah jelas penggunaanya. Ini terbatas. Ini akan diaudit oleh BPK, Inspektorat penggunaannya. Penggunaan dana BOS ini ada batasannya,” ucap dia.

Sehingga, langkah untuk melibatkan seluruh pihak merupakan hal yang paling tepat. Termasuk fasilitasi keterlibatan keluarga dan orang tua. “Kesadaran orang tua disini. Maka harus ada kerjasama yang terbangun disini. Mungkin sharingnya satuan pendidikan bersama BNN,” kata dia. (Using)

Previous articleHadirkan Keterwakilan yang Adil dalam Politik di DPRD NTB, Maulana Rizki Nov Tumpuan Aspirasi Pelaku Ekonomi Digital di Kota Mataram
Next articlePendampingan Aktif Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Kepada Petani Binaan, Sebagai Salah Satu Upaya Tingkatkan Hasil Panen
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.