Home Berita Kuli Farm Kecamatan Maluk Kirim Tim Lomba Anugerah Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten

Kuli Farm Kecamatan Maluk Kirim Tim Lomba Anugerah Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten

Taliwang, sumbawanews.com – Sebagai bentuk partisipasi dalam memberikan solusi atas permasalahan yang ada di daerah, Kuli Farm mengirimkan satu tim dalam Lomba Anugerah Inovasi. Kegiatan di selenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida), Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2023.

“Lomba ini sebagai bentuk partisipasi kecil kami dalam mengatasi masalah dan memberi solusi atas masalah yang dialami,” ungkap alimuddin, Jum’at (23/6/2023)

Dalam kegiatan anugerah inovasi kali ini mengangkat judul Biokonversi Limbah Organik Menjadi Pakan Alternatif Menggunakan Larva dari Black Soldier Fly (BSF).

Baca Juga : Kuli Farm Juara Harapan 1 Dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten

“Jadi dari berbagai jenis lalat yang ada. Ternyata ada satu jenis lalat ciptaan Tuhan yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sampah sampah organik. Khususnya sampah organik basah,” tuturnya.

Lanjutnya, lalat dari jenis BSF ini memang di budidaya secara khusus dan disiapkan tempat berkembang biak. Saat siklus atau fase menjadi larva, pada masa itulah dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sampah organik yang ada.

“Larva dari jenis Black Soldier Fly (BSF) inilah yang kita manfaatkan skilnya untuk mengolah sampah. Karena Larva ini sangat rakus memakan sampah organik basah,” jelasnya.

Kegiatan Biokonversi Limbah Organik Menjadi Pakan Alternatif Menggunakan Larva dari Black Soldier Fly. Memiliki berbagai manfaat salah satunya bisa mengurangi sampah yang terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah Larvanya bisa kita jadikan pakan. Baik pakan ikan maupun unggas,” paparnya.

Sementara itu Camat Maluk melalui, Sekretarisnya Heru Sudriansyah,M.Pd mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung satu tahun sekali ini berharap perwakilan dari Kecamatan Maluk bisa memberikan yang terbaik.

“Kali ini Kecamatan Maluk mengirim satu perwakilan untuk kategori Masyarakat Umum. Kami pemerintah kecamatan mendukung dan memberikan suport penuh kepada kuli farm dalam lomba ini, semoga bisa memberikan hasil terbaik dalam lomba dan bisa berdampak positif bagi warga maluk, serta memberikan solusi terbaik terkait penanganan sampah khususnya di wilayah lingkar tambang”, tutupnya. (Using)

Previous articleKunjungan Panglima TNI ke US INDOPACOM, napak tilas serangan Pearl Harbour
Next articleBarang Tidak Terangkut, Din Syamsuddin Kecewa dengan Pelayanan Lion Group
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.