Home Berita Kenalkan Potensi Desa, Ketua DPRD Support Bancarera Boat Race Kades Labu Ijuk...

Kenalkan Potensi Desa, Ketua DPRD Support Bancarera Boat Race Kades Labu Ijuk Cup 1

 

Sumbawa. | Potensi Pesisir yang indah dan bersahabat menjadi bidikan kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh Desa. Salah satunya Desa Labuhan Ijuk Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB akan menggelar Bancarera Boat Race atau lomba balap sampan Tahun 2023 se Pulau Sumbawa.

Ditemui Amarmedia disela-sela kunjungannya ke Kantor DPRD Kabupaten Sumbawa, Ketua Panitia Muhammad Yusuf menjelaskan bahwa persiapan event tersebut sudah beberapa bulan yang lalu, setelah beberapa masyarakat yang menginginkan untuk lomba boat race diadakan.
“Lomba ini diinisiasi oleh Pemerintah Desa dan sekaligus memperkenalkan Desa ke khalayak rame dengan memakai Dana Desa besar 35 juta awalnya dipotong pajak sehingga bersihnya Rp.31.500.000 dan Alhamdulillah sampai saat ini antusias masyarakat luar biasa dan kita membuka pendaftaran untuk lomba ini lewat online dan beberapa masyarakat sudah menanggapi secara positif bahkan teman-teman yang dari jauh ada yang telpon ada juga melalui wa pendaftarannya”Jelas Bang Yus akrab disapa.

Kemudian lanjutnya. nomor HP yang bisa di kontak salah satunya adalah di nomor saya 085333650867 dan sampai sekarang yang sudah daftar lewat sekretaris Saya sudah 43 tim dan kelas lomba yang kita laksanakan terbagi dua kelas dilihat dari sisi mesinnya dan itu ditentukan oleh mekanik. Atas hal ini tekniknya dipersiapkan oleh panitia dan semua regulasinya sudah kita buat secara rapi untuk menentukan kelasnya.

“Insya Allah kita akan membuka acaranya pada Hari Kamis tanggal 6 Juli 2023 mendatang di Dermaga Desa Labuhan ijuk Kecamatan Moyo Hilir kabupaten Sumbawa dan penutupannya tanggal 9 Juli atau hari Minggu” Jelas Bang Yus.

Masih kata Bang Yus, target yang diharapkan dari kegiatan ini sebenarnya adalah memperkanalkan kondisi Desa kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa di Desa Kami ada akses jalan, dan ada pantainya serta produk lokal UMKM seperti kerupuk ikan,Cemilan dari Siput dan ada kemungkinan yang kita bisa tampilkan seperti pencak silatnya nanti di hari pembukaan

“Tentunya ada yang menarik adalah hadiahnya seperti yang di kelas 94 itu hadiah pertama 8 juta sementara yang kelas 92 sebesar 6 juta” Imbuhnya.

Untuk kesuksesan acara ini kita juga mendapatkan support dari Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Insya Allah Beliau hadir pada acara penutupan.

“Kebetulan tadi saya ketemu pak ketua DPRD, beliau akan memberikan bantuan juga sebagai support pendamping karena ini adalah gawe besarnya Desa. Karena beliau juga pahami ini adalah gawenya Desa. Syukurlah beliau bisa membantu kita termasuk dari Anggota DPRD lainnya Bapak Ghahtan untuk hadiah hiburan”Pungkasnya.

Ditambahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH bahwa event ini sangat bagus.”Animo masyarakat untuk menggelar lomba balap Sampan Bangkarera Kades Labuhan Ijuk Cup ini kami sambut dengan gembira.ini adalah salah satu cara cepat memperkenalkan potensi Desa Desa pesisir kita. Belum lama ini juga telah digelar DPRD Cup Bangkarera Cup I di Desa Pulau Kaung.

” Pesan kami kepada Desa dan Panitia manfaatkan event untuk memperkenalkan UMKM yang ada, jangan sampai orang melihat lomba saja. Tapi tidak bisa mengakses potensial desa yang lainnya seperti kebersihan pantai dan keindahan alam laut,produk UMKM setempat dan kebudayaan kita” Ungkap Rafiq.

Dihubungi sebelumnya Kepala Desa Labuhan Ijuk, Muhammad Saleh MJ mengatakan, pemerintah desa menggelar lomba balap sampan untuk menghidupkan UMKM masyarakat setempat. Karena diyakini dengan perlombaan tersebut akan mengundang banyak penonton.
“Harapannya, masyarakat kami juga dapat memanfaatkan perlombaan ini dengan mengenalkan hasil UMKM mereka. Selain itu mereka juga dapat berjualan, sehingga mendapatkan penghasilan tambahan,” jelasnya.
Menurut Kades, kegiatan ini merupakan salah satu kontrbusi nyata yang dapat dilakukan Desa Labuhan Ijuk untuk mengenalkan olahraga Balap Sampan, yang kini mulai sering dilaksanakan di daerah pesisir.
“Kami juga ingin mengenalkan bahwa di desa-desa pesisir memiliki olahraga menarik yaitu balap sampan. Selain sebagai hiburan masyarakat, kami juga berharap kedepannya dapat menjadi salah satu destinasi wisata,” pungkasnya.

Previous articleMenpora Dipanggil Jaksa Terkait BTS Kominfo, Presiden Jokowi: Hormati Semua Proses Hukum
Next articleSandi Kampanyekan Ganjar “Next Presiden ke Pejabat Saudi, Ini Alasannya
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.