Home Berita BLK Sumbawa Akan Buka 8 Kejuruan Pelatihan

BLK Sumbawa Akan Buka 8 Kejuruan Pelatihan

Sumbawa Besar sumbawanews.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, rencananya akan menggelar pelatihan April 2024. Dan pendaftaran telah dibuka sejak 19 Maret hingga 19 April mendatang.

“Untuk rencana 2024 ini, pendafatarn dibuka 19 Maret sampai 19 April. Mudah-mudahan tanggal 22 (April) kita sudah bisa melakukan pelatih,” kata Andy Ashary, Kepala UPTD BLK Sumbawa, Jum’at (22/03).

Baca Juga: Kembali Dibuka Pelatihan Kerja di UPTD LLK Sumbawa

Diungkapkan, kejuruan yang akan dibuka yakni Kejuruan Design Grafis, Instalasi Listrik, Las SMAW 3G, dan operator alat berat. Kemudian menjahit, operator komputer, pembuatan roti dan kue, serta teknisi AC Residential.

“Ini masih tentatif, karena masih ada administrasi yang harus diselesaikan. Mudah-mudahan tidak ada halangan, seluruh kelas yang kita rencanakan dibuka itu bisa berjalan. Tapi kita berharap tidak ada kendala, sehingga bisa berjalan,” kata dia.

Setelah pelatihan, rencananya juga akan dilakukan uji kompetensi. “Uji kompetensi, kami akan tetap (lakukan) setiap pelatihan itu. Setidaknya akan kami usulkan ke Badan Sertifikasi dan Profesi. Akan tetapi terkait dengan ketersediaan, waktu kita mengikuti jadual dari sana,” jelasnya.

Ia menambahkan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, berdasarkan Perbup Nomor 33 Tahun 2024 menjadi Balai Latihan Kerja (BLK). “Sebelumnya Loka Latihan Kerja (LLK). Jadi sejak berlakunya Perbup tersebut menjadi Balai Latihan Kerja. Kita sudah memenuhi standar yang menjadi persyaratan untuk menjadi Balai Latihan Kerja,” ucapnya.

Ia berharap, dengan perubahan tersebut, kedepan akan banyak memberikan dampak positif program yang akan datang. “Apa-apa potensi yang bisa kita kembangkan terkait dengan (perubahan) itu, masih kita pelajari,” ungkap dia. (Using)

Previous articleBabinsa Koramil Kuala Kencana Komsos Dengan Petani Jagung di Desa Binaan
Next articleLawan Illegal Logging, TNI – Polri dan Tim BKPH Amankan Kayu Gelondongan di Desa Lenangguar
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.