Home Berita China Nyatakan Siap Majukan Kemitraan Koordinasi Strategis Komprehensif dengan Rusia

China Nyatakan Siap Majukan Kemitraan Koordinasi Strategis Komprehensif dengan Rusia

Beijing, sumbawanews.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, Kamis (16/02) menegaskan, harus ada penyelidikan objektif, tidak memihak, dan profesional atas ledakan Nord Stream. Dan China Siap Bekerjasama dengan Rusia untuk lebih memajukan kemitraan koordinasi strategis komprehensif kami untuk era baru.

“Apakah media Barat tidak peduli dengan kebenaran di balik ledakan Nord Stream? Atau ada hal lain yang terjadi? Harus ada penyelidikan yang obyektif, tidak memihak dan profesional atas ledakan tersebut, dan mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban. China siap bekerja sama dengan Rusia untuk lebih memajukan kemitraan koordinasi strategis komprehensif kami untuk era baru,” tegas Wang.

Dikatakan, China juga mendesak NATO untuk meninggalkan mentalitas Perang Dingin yang sudah ketinggalan zaman dan memblokir konfrontasi. Berhenti menciptakan musuh imajiner dan mendestabilisasi Eropa dan Asia-Pasifik, dan melakukan sesuatu yang baik untuk perdamaian dan stabilitas di Eropa dan sekitarnya.

Kemudian, AS perlu menghentikan sanksi sepihak ilegal. Berhenti menghambat upaya negara lain untuk menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat, dan menghormati hak yang sama dari orang di negara lain untuk hidup, kesehatan dan pembangunan.

Terkait ballon, Resolusi kongres AS murni dimaksudkan untuk mencetak poin politik dan mendramatisir situasi tentang balon tersebut. China sangat mendesak Kongres AS untuk menghormati fakta, berhenti memfitnah China sekaligus dan berhenti mengambil tindakan yang dapat memperburuk situasi. (Using)

Previous articleAS Dukung Indonesia Sebagai Koordinator Dialog AS-ASEAN
Next articleOmbudsman RI Berikan Penghargaan Kepatuhan Tingkat Tinggi Pelayanan Publik Kepada Pemprov NTB
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.