Home Berita China-Honduras Jalin Hubungan Diplomatik

China-Honduras Jalin Hubungan Diplomatik

Beijing, sumbawanews.com – Kementerian Luar Negeri China, Minggu (26/03) mengumumkan, menandatangani Komunike Bersama tentang Pembentukan Hubungan Diplomatik Antara Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Honduras. Kedua Pemerintah telah memutuskan untuk mengakui satu sama lain dan menjalin hubungan diplomatik di tingkat duta besar, efektif sejak tanggal penandatanganan komunike ini.

Disebutkan, Hanya ada satu Tiongkok di dunia dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya Pemerintah sah yang mewakili seluruh Tiongkok. Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China.

“Ini adalah fakta yang tak terbantahkan berdasarkan sejarah dan hukum. Prinsip satu-China diakui oleh Resolusi Majelis Umum PBB 2758 tahun 1971, dan merupakan konsensus masyarakat internasional yang berlaku dan norma yang diakui secara universal yang mengatur hubungan internasional,” ucapnya.

Honduras adalah negara penting di Amerika Tengah. Pemerintah Honduras memilih untuk berdiri dengan 181 negara di dunia, mengakui dan berjanji untuk mematuhi prinsip satu-China, memutuskan apa yang disebut “hubungan diplomatik” dengan Taiwan, menjalin hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat China.

“Ini adalah pilihan tepat yang sejalan dengan tren yang sedang berkembang dan didukung oleh masyarakat. China sangat menghargai itu,” ucapnya, juga mengatakan, Dengan mengikuti Lima Prinsip Hidup Berdampingan Secara Damai, Tiongkok siap untuk meningkatkan kerja sama persahabatan dengan Honduras di berbagai bidang untuk kepentingan kedua negara dan rakyat. (Using)

Previous articleWagner Klaim Kuasai Penuh Azom, Komandan Brigade 92 Ukraina Disebut Tertangkap
Next articleMenteri Pertahanan Diberhentikan, Israel-UEA Tandatangani Perjanjian Bea Cukai
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.