Home Berita China-ASEAN Akan Gelar Konsultasi 24-26 Mei

China-ASEAN Akan Gelar Konsultasi 24-26 Mei

Beijing, sumbawanews.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, Senin (22/05) mengatakan, Sesuai kesepakatan antara Tiongkok dan ASEAN, Konsultasi Pejabat Senior Tiongkok-ASEAN ke-29 akan diadakan di Shenzhen, Tiongkok dari tanggal 24 hingga 26 Mei. Asisten Menteri Luar Negeri Nong Rong akan memimpin delegasi ke konferensi dan menjadi ketua bersama konferensi dengan U Chan Aye, Pemimpin SOM ASEAN-Myanmar Myanmar, Koordinator Negara ASEAN untuk Hubungan Dialog ASEAN-China.

Diungkapkan, Konsultasi Pejabat Senior China-ASEAN adalah mekanisme konsultasi tahunan yang penting antara departemen luar negeri China dan negara-negara ASEAN, di mana persiapan dapat dilakukan untuk Pertemuan Menteri Luar Negeri China-ASEAN dan KTT China-ASEAN. Tahun ini menandai ulang tahun kesepuluh proposisi Presiden Xi untuk membina komunitas yang lebih dekat dengan masa depan bersama untuk China dan ASEAN dan peringatan 20 tahun China bergabung dengan Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara (TAC).

Baca Juga : AS-Papua Nugini Bangun Pakta Pertahanan, China : Kita Harus Waspada Permainan Berdalih Kerjasama

“Ini akan menghadirkan peluang baru untuk kerja sama China-ASEAN,” ucapnya.

Pada Konsultasi ini, kedua belah pihak akan menilai dan melihat pertumbuhan masa depan dari kemitraan strategis komprehensif China-ASEAN. Terutama yang berkaitan dengan penyampaian pemahaman bersama antara para pemimpin kedua belah pihak.

Dan memperdalam kerja sama praktis di bidang keamanan politik, perdagangan dan ekonomi, sosial, budaya dan pertukaran orang-ke-orang, pertanian dan ketahanan pangan. “Bersama-sama kedua belah pihak dapat memberikan energi yang lebih positif bagi stabilitas dan pembangunan kawasan,” jelas dia. (Using)

Previous articleAS – Papua Nugini Bangun Pakta Pertahanan, China : Kita Harus Waspada Permainan Berdalih Kerjasama
Next articleAS Puji Pemilihan Parlemen Timor-Leste
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.