Home Berita Bunuh Warga Pati, 3 WNI Ditangkap di Jepang

Bunuh Warga Pati, 3 WNI Ditangkap di Jepang

Jakarta, Sumbawanews.com.- Polisi Jepang berhasil mengungkapkan kasus pembunuhan dan menangkap tiga warga negara Indonesia (WNI) diduga terkait kasus pembunuhan seorang pria yang juga WNI di Prefektur Fukushima, Jepang.

Penangkapan itu terjadi pada Selasa (18/4) setelah polisi menerima laporan pada bulan lalu bahwa pria berusia 20-an, warga Kota Konosu di Prefektur Saitama, utara Tokyo, hilang sejak 2021 lalu.

Baca juga: Korban Podcast Ijazah Palsu Jokowi, Gur Nur di Vonis 6 Tahun

Setelah menggelar penyelidikan, polisi kemudian menggeledah daerah pegunungan di Kota Ono, Fukushima, dan menemukan jasad pria tersimpan dalam sebuah koper.

Dikutip dari NHK, polisi menduga jenazah tersebut merupakan pria yang dilaporkan hilang. Pria WNI itu dilaporkan berasal dari Pati, Jawa Tengah. Meski begitu, belum ada konfirmasi dari pihak berwenang Jepang dan Indonesia terkait identitas korban.

Baca juga: Viral! Pejalan Kaki Halangi Laju Motor di Trotoar

Pada Selasa (18/4), polisi akhirnya menangkap tiga orang tersangka, yang tinggal di kota yang sama dengan korban. Sejauh ini, polisi menemukan fakta bahwa korban hilang pada Desember 2021 setelah makan bersama ketiga tersangka.

Polisi juga mengatakan jenazah mengalami cedera di bagian kepala. Meski begitu, petugas tidak merinci apakah ketiganya telah mengakui maupun membantah tuduhan pembunuhan tersebut.

Baca juga: Kompak! Setelah PDIP Kini PSI Bela Heru Terkait Bongkar Trotoar Warisan Anies

Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Tokyo mengonfirmasi tiga tersangka itu sebagai warga negara Indonesia. KBRI Tokyo menyatakan ketiganya diduga melakukan pembunuhan dan pembuangan mayat pada 30 Desember 2021.

“Mayat korban (diduga berjenis kelamin laki-laki) dimasukkan ke dalam tas dan dibuang di pinggir jalan di kota Tamura, Prefektur Fukushima,” demikian keterangan KBRI Tokyo.

baca juga: Tiba di Pemalang, Pemudik Ini tak Sadar Tinggalkan Istri di Brebes

Saat ini KBRI telah meminta akses kekonsuleran untuk menemui para WNI dan melakukan pendampingan hukum.

Terkait identitas pelaku maupun korban, masih diperlukan penyelidikan dan dan identifikasi lebih lanjut.

Staf Pensosbud KBRI Tokyo kepada CNNIndonesia.com mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kepolisian Jepang terkait kasus ini. (sn03)

Previous articleViral! Pejalan Kaki Halangi Laju Motor di Trotoar
Next articlePanglima TNI Pastikan Surabaya Siap Hadapi Mudik Lebaran 2023
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.