Home Berita Buka Festival Ereng 2024, Wabup Ajak Lestarikan Budaya Lokal

Buka Festival Ereng 2024, Wabup Ajak Lestarikan Budaya Lokal

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., membuka resmi Festival Ereng 2024 dalam rangka HUT Kabupaten Sumbawa ke-65 tahun 2024, di Desa Jotang Beru, Kecamatan Empang, Sabtu (27/01). Festival Ereng adalah suatu perayaan sebagaisimbol kebersamaan dan kecintaan terhadap nilainilai budaya serta kearifan lokal kehidupanmasyarakat Sumbawa.

Pada kesempatan itu, Wabup mengaku sangat bangga melihat partisipasi generasi muda Sumbawa. Serta mengapresiasi kepada karang taruna desa Jotang Beru atas inisiatif dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Baca Juga: Mentan dan Rombongan Datang, Wabup: Kado HUT Kabupaten Sumbawa

“Hal ini menunjukkan bahwa semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya lokal dapat diwariskan kepada generasi muda. Ini juga sejalan dengan tekad pemerintah Kab. Sumbawa yang khawatir terhadap pendidikan karakter anak-anak kita,” tegasnya.

Selain itu, Pemeritah Kabupaten Sumbawa melaksanakan langkah-langkah konkret untuk mendukung pendidikan karakter. Dengan ini, pemda berkomitmen untuk terus mendorong pembentukan karakter yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia pada generasi penerus kita kedepannya.

Ia berharap, seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa bersama-sama menjadikan Festival Ereng sebagai inspirasi untuk menggelar acara serupa di kecamatan-kecamatan lainnya. Agar dapat mengaktifkan dan melestarikan kearifan lokal serta pendidikan karakter di setiap sudut Kabupaten Sumbawa.

Diketahui Arti “Ereng” tersebut adalah tempat masyarakat petani melepas lelah, mandi dan bersosialisasi. Menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak desa bermain dan belajar kehidupan,harapan untuk kembali menjaga sungai untuk berkelanjutan hidup.

Salah satu hiburan dalam festival ini yakni permainan tradisional “Kebo Kamit”. Kebo Kamit adalah sebuah permainan tradisional warisan budaya Sumbawa yang terbuat dari kulit kelapa(Kamit) yang akan dibentuk seperti perahu kecil dan dimainkan dialiran air sungai. Selain itu juga,adapun permainan tradisional lainnya seperti main palentong, main papan caka, main tolo, main taba,serta adanya bazar UMKM lokal.

Festival Ereng ini diselenggarakan selama 2 (dua)hari mulai tanggal 27-28 Januari 2024 dan diikuti oleh beberapa peserta dari kalangan siswa SD dan SMP se-Kecamatan Empang dan Tarano. (Using)

Previous articleTentang Putusan Mahkamah Internasional, Rusia: Tidak Sesuai Ekspektasi
Next articleBabinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Ajak Warga Petani Untuk Membuka Lahan Tidur Agar Menjadi Lahan Produktif
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.