Home Berita Buka Festival Budaya Samawa, Wabup: Ekspresi Kekayaan Budaya dan Warisan yang Dibanggakan

Buka Festival Budaya Samawa, Wabup: Ekspresi Kekayaan Budaya dan Warisan yang Dibanggakan

Sumbawa Besar,sumbawanews.com – Bertempat di UPT. Museum Daerah Kabupaten Sumbawa,Festival Budaya Sumbawa 2024 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., pada Sabtu, 27 April 2024. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa,Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Sumbawa, Ketua Dewan Kesenian Kab. Sumbawa,Kepala Bidang SMP Kab. Sumbawa, Kepala Bidang Kebudayaan Kab. Sumbawa, para Juri, serta Guru pendamping dan segenap peserta lomba FBS 2024.

Untuk diketahui, Festival Budaya Sumbawa (FBS)tahun ini diikuti oleh seluruh kecamatan se-Kab.Sumbawa, dengan jumlah peserta sebanyak 192yang terdiri dari SD dan SMP sebanyak 175 peserta bersama pendamping masing-masing kecamatan.Adapun 8 mata lomba yang diadakan, antara lain Bakilum merupakan bagian dari lomba exibisi,Sakeco, Baca Puisi Berbahasa Sumbawa, PidatoBerbahasa Samawa, Penulisan Satera Jontal,Penulisan Cerpen Berbahasa Sumbawa, dan LombaSekepit.

Baca Juga: Untuk Ciptakan Keadaan Berkeadilan Sosial, Pemda Apresiasi Ranperda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Wakil Bupati Sumbawa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi dalammensukseskan FBS 2024 ini dengan penuh rasagembira dan bangga.

Dikatakan Wabup, bahwa FBS bukan hanya menjadi bagian dari perayaan Festival Dikdaya saja. tetapi juga merupakan ekspresi kekayaan budaya dan warisan yang dibanggakanoleh masyarakat Sumbawa.

Tak hanya itu, Wabup juga menegaskan bahwa FBS2024 ini ini kembali menawarkan beragam acaradan pertunjukan yang memukau dari berbagaimacam seni, mulai dari seni tradisional hingqa senimodern. Hal ini, jelas Wabup, menjadi sarana untuklebih mengenal, menghargai dan melestarikanwarisan budaya Sumbawa yang berharga.

Kemudian, Wabup berharap agar melalui festival ini,para generasi emas di Sumbawa tidak hanya merayakan keberagaman budaya saja, tetapi jugamemperkuat rasa kebersamaan dan persatuan.

Terkahir, Wabup atas nama Pemkan Sumbawamenyatakan komitmennya untuk mendukung danmempromosikan kegiatan budaya sebagai asetberharga yang harus dijaga. “Semoga denganmemperkenalkan budaya Sumbawa sejak dinikepada anak-anak, dapat menjadi inspirasi danmotivasi bagi mereka untuk terus mencintai danmenjaga budaya leluhur di Tana’ Intan Bulaeng ini”,tutup Wabup. (Using)

Previous articleUntuk Ciptakan Keadaan Berkeadilan Sosial, Pemda Apresiasi Ranperda Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial
Next articleMahkamah Konstitusi yang Membujui Rakyat
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.