Home Berita Brutal! Tentara Israel Serang Liga Bola Palestina, FIFA Diminta Bertindak

Brutal! Tentara Israel Serang Liga Bola Palestina, FIFA Diminta Bertindak

Sumbawanews.com.- Belum lepas dari ingatan terkait gugurnya seorang bintang sepak bola Palestina akibat tembakan brutal pasukan Israel, kini muncul kabar baru yang mencengangkan publik.

Dunia sepakbola tengah digemparkan dengan peristiwa penyerangan tentara Israel ke sebuah pertandingan di Palestina. Hal itu tepatnya terjadi di laga final Piala Liga Palestina 2023 yang mempertemukan Jabal Al-Mukaber vs Balata FC.

Baca juga: PDIP Justru Puji Sikap Ganjar dan Koster Berani Tolak Timnas Israel

AKSI brutal tentara Israel di Piala Liga Palestina bikin heboh, FIFA ditantang berani hukum Israel. Tentara Israel menembak gas air mata di laga Balata FC vs Jabal Al-Mukaber, Kamis 30 Maret 2023.

Para tentara Israel tiba-tiba masuk ke Stadion Faisal Al Husseini, sebagaimana warta dari Inside World Football. Setelah memasuki area lapangan, para tentara tersebut menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun stadion.

Baca juga: Ade Armando: Ganjar Sengaja Diperintahkan PDIP Tolak Timnas Israel

Dikutip dari akun twitter @faktasepakbola yang juga mengambil sumber dari Federasi Sepakbola Palestina, terungkap bahwa Tentara Israel menembakkan gas air mata ke Stadion Faisal Al-Husseini, pada Jumat (31/3/2023).

Serangan Israel

Peristiwa terjadi saat turun minum dalam pertandingan final Piala Liga Palestina antara Balata FC vs Jabal Al-Mukaber. Hal tersebut sempat membuat suporter di stadion mengalami perih di mata dan kesulitan bernafas.

Momen penyerangan tentara Israel ke laga final Piala Liga Palestina 2023 itu pun terekam dalam sebuah video yang kemudian viral di media sosial. Menurut laporan dari Inside World Football, serangan yang dilakukan oleh tentara Israel ini dilakukan secara tiba-tiba.

Baca juga: Dampak Tolak Israel, Pengamat: Jokowi Geser Dukungan ke Prabowo?

Hal ini menyebabkan laga ditunda selama satu jam. Para pemain dan suporter juga harus menjalani perawatan karena berdesakan untuk menghindari serangan tersebut.

Dilansir dari sumber yang sama, belum diketahui siapa yang menginstruksikan invasi tersebut di saat pertandingan sepakbola sedang digelar. Pihak Israel pun tidak mengeluarkan pernyataan mengenai insiden ini.

Baca juga: Jurnalis Inggris Sebut FIFA Batalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 karena Ketidaklayakan Lapangan

Yang jelas, insiden ini mencuri perhatian di Indonesia, terutama setelah pagelaran Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan di Indonesia. Penolakan keras terhadap Timnas Israel U-20 menjadi salah satu alasan pembatalan tersebut.

Konstitusi Indonesia tak sejalan dengan tindakan Israel sebagai negara yang menduduki Palestina. Namun demikian, FIFA masih tutup mata perihal hal ini dan Israel tidak pernah dihukum meskipun pendudukan tersebut telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Baca juga: Tentara Israel Brutal! Jika Dicoret dari Piala Dunia U-20 2023, Ini Negara yang Bakal Gantikan Timnas Israel U-20

Masyarakat Indonesia banyak yang membandingkan perlakuan FIFA terhadap Israel dan Rusia yang berbeda. Sebelumnya, Timnas Rusia dilarang tampil di kualifikasi Piala Dunia 2022 menyusul invasi ke Ukraina pada tahun lalu.

Kini, dengan insiden yang terjadi di Piala Liga Palestina, FIFA diharapkan buka mata terhadap aksi brutal Israel. Akun Twitter @idextratime misalnya, menantang FIFA untuk memberikan sanksi juga kepada Israel. (sn01)

Previous articleIni Dia Sosok Artis Inisial R Terkait Kasus Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo
Next articleKasus Perusda, Kajari KSB Sebut Ada Indikasi 2 Calon Tersangka
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.