Home Berita Tiga Etnis Persembahkan Tari Nguri dalam Press Conference MXGP Sumbawa Lombok 2023

Tiga Etnis Persembahkan Tari Nguri dalam Press Conference MXGP Sumbawa Lombok 2023

Persembahan tari nguri di Press Confrence MXGP 2023

Jakarta, Sumbawanews.com.- Tiga gadis penari tarian Nguri Sumbawa yang dipersembahkan saat acara Press Confrence MXGP Sumbawa Lombok 2023 berasal dari tiga etnis berbeda, ketiganya masih menempuh pendidikan semester 4 di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

“Ketikanya bukan berasal dari Sumbawa, mereka penari profesional yang sengaja dilatih tari Nguri khusus untuk acara Press Confrence MXGP Sumbawa Lombok 2023, di sarina, Sabtu 13 Mei 2023,” ungkap Ketua Umum Ikatan Keluarga Sumbawa Jakarta Raya (IKASUM Jaya) Arif Hidayat, Minggu (14/5/2023).

Baca juga: Ikasum Jaya Akan Tampilkan Tari Nguri dan Gong Genang dalam Acara Press Conference MXGP 2023 Sumbawa –  Lombok

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sumbawanews (@sumbawanews)


Dijelaskan Arif, ketikanya berasal dari suku atau etnis berbeda namun disatukan dalam tarian Nguri, “Rifa Arrahmi Annida dari Kalimantan, Niear Syahrani Putri dari Banten dan Helen Gustinawati Siagian dari Medan,” terang Arif.

Sedangkan untuk pelatih para penari ini berasal dari Sumbawa yang juga masih menempuh kuliah semester 4 di IKJ, “namanya M Rizki Ananda anak seniman Sumbawa pak Ace Hasanuddin,” jelas Arif.

Baca juga: Menpora Dito: Dua Seri MXGP Sumbawa Lombok 2023, Indonesia Dipecaya Dunia

Ditambahkan Arif, tarian Nguri ini di ciptakan oleh H. Mahmud (1959) yang awalnya merupakan tari persembahan kepada Sultan yang biasa dipertunjukkan pada upacara Istana, pada perkembangannya tari nguri dipentaskan sebagal tari penyambutan sebagai bentuk penghormatan tau tana Samawa kepada para tamu yang berkunjung ke Sumbawa dengan properti berupa sito yang diletakkan diatas dulang kuningan sebagai wadah persembahan.

Persembahan Tari Nguri ini atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan Ikasum Jaya, yang pada tahun 2022 lalu Ikasum Jaya juga berpartipasi dalam press confrence.

Baca juga: Baim Wong Ajak Warganet Tonton MXGP Sumbawa Lombok 2023

Press Confrence MXGP 2023 akan digelar di Sumbawa dan Lombok. Masing-masing pada tanggal 23-25 Juni 2023 di Samota Sumbawa Circuit dan pada tanggal 1-2 Juli 2023 di Selaparang Lombok Circuit dihadiri oleh Menpora Dito, Sesmenpora Gunawan Suswantoro, Gubernur NTB Zulkielimansyah, Ketua IMI yang juga ketuga MPR Bambang Soesatyo dan pejabat-pejabat terkait dari pusat dan NTB. (sn01)

Previous articleTerkait Perubahan RKAT: Keberadaan Tim Teknis Misterius, MWA UNS Nilai Ada Unsur Pidananya
Next articleHadirkan Dua Seri MXGP Dunia di Indonesia, Gubernur NTB Dipuji Bamsoet Ketua MPR RI
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.