Home Berita Tentara Israel Brutal! Jika Dicoret dari Piala Dunia U-20 2023, Ini Negara...

Tentara Israel Brutal! Jika Dicoret dari Piala Dunia U-20 2023, Ini Negara yang Bakal Gantikan Timnas Israel U-20

Timnas Israel U-20 masih bisa dilarang tampil di Piala Dunia U-20 2023. (Foto: Instagram/@isr.fa)

Sumbawanews.com.- JIKA dicoret dari Piala Dunia U-20 2023, ini negara yang bakal menggantikan Timnas Israel U-20. Sekadar diketahui, posisi Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 mulai digoyang.

Penyebabnya karena aksi brutal yang dilakukan tentara Israel di final Piala Liga Palestina yang mempertemukan Balata FC vs Jabal Al Mukabber pada Kamis, 30 Maret 2023 malam WIB. Saat itu, tentara Israel melepaskan peluru karet dan gas air mata ke arah lapangan dan tribun stadion.

Baca juga: Jurnalis Inggris Sebut FIFA Batalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 karena Ketidaklayakan Lapangan

Akibat aksi brutal itu, laga dihentikan selama sejam. Sebab, banyak suporter (ada wanita dan anak-anak) serta pemain yang mengalami sesak napas.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) selaku yang menaungi Federasi Sepakbola Palestina pun angkat bicara. Mereka mengecam alias mengutuk keras tindakan yang dilakukan Israel.

Baca juga: Indonesia Dihapus FIFA, Argentima Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

“Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengecam keras serangan yang tidak beralasan dan mengerikan yang dilancarkan pasukan Israel terhadap pemain dan penonton selama pertandingan final Piala Abu Ammar antara Balata FC dan Jabal Al Mukaber di Stadion Internasional Faisal Al Husseini pada Kamis malam,” tulis pernyataan AFC dilansir dari laman resmi AFC.

“Gas air mata dan peluru yang dibungkus karet digunakan oleh pasukan Israel selama penyerangan, yang menyebabkan pertandingan dihentikan karena ada pemain dan penggemar Palestina, termasuk anak-anak dan wanita menderita sesak napas,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Brutal! Tentara Israel Serang Liga Bola Palestina, FIFA Diminta Bertindak

Selain desakan dari AFC di atas, banyak pencinta sepakbola yang mendorong FIFA untuk menghukum Israel. FIFA dicap menerapkan standar ganda jika tidak memberi hukuman kepada Israel.

Sebab, FIFA diketahui melarang Rusia bermain di pertandingan internasional dalam satu tahun terakhir, imbas invasi yang dilakukan Rusia kepada Ukraina. Karena itu, potensi FIFA memberi hukuman Israel masih ada.

Jika FIFA menghukum Israel dalam waktu dekat, Timnas Israel U-20 otomatis dilarang mentas di Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Andai Timnas Israel U-20 dihukum siapa penggantinya? Apakah Timnas Indonesia U-20?

Sesuai aturan, jika ada negara yang terkena hukuman, negara penggantinya harus berasal dari konfederasi sepakbola yang sama. Karena itu, posisi Timnas Israel U-20 akan digantikan Timnas Austria U-20.(sn03)

Previous articleJurnalis Inggris Sebut FIFA Batalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 karena Ketidaklayakan Lapangan
Next articleKasus Ekspor Emas Rp 189 Triliun di Bea Cukai, Ini Kata Kemenkeu
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.