Home Berita Tegas dan Berani! Anies: Mafia BTS Harus Diberantas, Hukum Juga Harus Tegak...

Tegas dan Berani! Anies: Mafia BTS Harus Diberantas, Hukum Juga Harus Tegak ke Kawan

Jakarta, Sumbawanews.com.- Bakal Calon Presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menegaskan pemerintah harus tegas dalam menghadapi mafia-mafia yang merajalela.

Anies menyinggung banyaknya mafia yang merajalela di Indonesia saat menyampaikan pidato di acara Temu Kebangsaan di lapangan tenis indoor Gelora Bung Karno GBK, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Baca juga: Imbas Kasus BTS, Muslim Arbi: Perang Bubat Nasdem akan Bongkar Kebusukan Koalisi Pemerintah

Baca juga: Bermasalah sejak 2020, Mahfud Md Jelaskan Detail Korupsi Proyek BTS Bakti Kominfo kepada Jokowi

“Masalah di negeri ini adalah Mafia, Pak. Masalah Mafia ini harus diberantas,” kata Anies saat mendengar suara masyarakat.

Kasus dugaan korupsi BTS 4G Bakti Kemenkominfo turut menyeret nama mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny Gerard Plate. Nasdem merupakan salah satu partai pengusung Anies bersama PKS dan Demokrat.

baca juga: Viral Indikasi Nama-Nama Terlibat Korupsi BTS, Muslim Arbi: Kejaksaan Agung Harus Panggil Hasto Hingga Suami Puan

“Termasuk mafia BTS itu, semua (mafia). Karena itu, semua mafia ini harus kita bereskan, republik ini tidak bisa maju kalau kita membiarkan mafia-mafia itu merajalela di negeri ini,” ujar Anies dalam pidatonya di hadapan kelompok relawannya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (21/5/2023).

Ia sendiri mengaku setuju dengan pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh bahwa mafia-mafia di Indonesia harus diberantas. Termasuk mafia BTS yang menyeret Johnny harus diselidiki secara transparan dan tanpa adanya intervensi politik.

baca juga: Muslim Arbi: Prestasi Ganjar Cuma Buat Angka Kemiskinan Tinggi di Jateng

“Semua yang terlibat harus diperiksa, dorong transparansi, jangan biarkan mereka melenggang tidak dimintai pertanggungjawabannya,” ujar Anies.

Sebelumnya, Surya Paloh memersilakan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan aliran dana kasus korupsi Johnny Gerard Plate ke partai. Paloh menegaskan, partainya menegaskan memersilakan pemeriksaan dengan dengan tangan terbuka.

Baca juga: Elektabilitas Ganjar Merosot, Siapa yang Sponsori Lembaga Survey?

“Itu bagus. Ini yang memang dikehendaki partai ini. Partai ini menginginkan transparansi yang seutuhnya, sekali lagi saya katakan transparansi yang seutuhnya,” kata Paloh dalam konferensi pers di Gedung Nasdem Tower, Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023) sore.

Paloh mengatakan dengan gamblang bahwa pihaknya menyambut profesionalisme Kejagung. Menurut Paloh, pada prinsipnya Nasdem bebas dari intervensi siapapun dan kepentingan politik manapun. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak memersilakan pengecekan aliran dana tersebut.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Surya Paloh Ungkap Banyak Maling Teriak Maling, Siapa Dia?

“Jadi kalau kawan-kawan tanya, Nasdem memberikan dukungan sepenuhnya atau setengah? Totalitas kita akan berikan dukungan itu agar semua kita tuntaskan, kalau enggak sia-sia lah kita untuk memerjuangkan suatu misi besar membawa kemajuan bangsa dan negara, menjaga demokrasi negeri ini, dan menegakkan rasa keadilan dan sesuai dengan komitmen kebangsaan kita,” tegasnya. (sn02)

Previous articleKazanForum 2023: Inilah 5 Arah Kerjasama Rusia dengan Dunia Islam
Next articleAksi Heroik Satgas Yonif 143/TWEJ Perbaiki Jembatan di Pedalaman Papua
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.