Home Berita Tak Hanya Muhammadiyah Shalat Id 21 April 2023 tapi juga Kalangan NU,...

Tak Hanya Muhammadiyah Shalat Id 21 April 2023 tapi juga Kalangan NU, Ini Dia Datanya

Jakarta, Sumbawanews.com.- Pemerintah melalui Kementerian Agama RI secara resmi telah menetapkan pelaksanaan hari raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu 22 April 2023, berbeda dengan kalangan Muhammadiyah yang lebih awal telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari Jum’at 21 April 2023 sebagaimana termaktub dalam Surat Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1444 Hijriah.

Baca juga: Anies Menjadi Trending Setelah Ganjar Resmi Menjadi Capres PDIP

Baca juga: Kicauan Warganet, Prabowo Cocok Jadi Cawapres Ganjar

Berbagai lokasi shalat ied bagi kalangan Muhammadiyah telah tersebar jauh-jauh hari, namun ternyata bukan hanya kalangan Muhammadiyah yang akan melaksanakan shalat ied pada hari Jumat 21 April 2023 tapi juga dari kalangan Nahlatul Ulama (NU) di beberapa wilayah.

Baca juga: Singgung Cawapres Ganjar Pranowo, Jokowi: Termasuk Pak Prabowo

Baca juga: Ini Dia Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2023, Keren dan Inspiratif

Berikut rangkuman Sumbawanews.com, terkait kalangan NU yang akan melaksanakan Shalat Ied bersamaan dengan Muhammadiyah:

Pertama, Pesantren Miftahul Huda

Pesantren Miftahul Huda, Gading Pesantren, Malang, menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jum’at, 21 April 2023. Berarti Pesantren Gading Malang (begitu biasa disebut) akan melaksanakan shalat Id bareng dengan kawan-kawan Muhammadiyah.

Apakah Pesantren Gading Muhammadiyah? Pesantren Gading adalah salah satu pesantren dengan ke-NU-an yang sangat tulen

Baca juga:Ibunda Doakan Anies Rasyid Baswedan, Ini Kata Anies Untuk Ganjar

Baca juga: 5x Gempa M 4.6 – M 6.1 Guncang Agam, Mentawai – Nias Pagi Ini

Kedua, kalangan NU Madura.

Banyak warga Nahdiyin di Madura yang akan mengikuti sholat hari raya idul Fitri pada hari Jum’at mengikuti versi Muhammadiyah. Seperti yang disampaikan Jauhari, Meski dirinya sebagai kader NU namun untuk sholat hari raya Idul Fitri 2023 akan ikut hari Jum’at sebagaimana versi Muhammadiyah. “Saya NU, Tapi nanti Hari raya Idul Fitri akan ikut Muhammadiyah,” Kata Jauhari Warga Kabupaten Pamekasan.

Baca juga: Arab Saudi Shalat Idul Fitri 21 April 2023, Ini Dia Persiapannya

baca juga: Dihibur Gibran, Prabowo Diajak Keliling Solo dan Bertemu Habib Syech

Hal tersebut tidak hanya disampaikan Jauhari, Tapi banyak warga NU di Madura yang akan ikut sholat Id pada hari Jum’at. Seperti Halnya Imron Muslim Warga Kabupaten Sampang yang juga merupakan Warna NU tapi akan ikut sholat Id pada hari Jum’at mengikuti Muhammadiyah. “Saya NU, Tapi nanti saya Sholat Id hari Jum’at ikut Muhammadiyah, Karena saya yakin Muhammadiyah Tidak salah menentukan 1 Syawal dan NU Juga Benar,” Katanya.

Baca juga: Setelah di Tetapkan Capres PDIP, Survey ILC: Ganjar Keok, Anies Melejit

Baca juga: Menteri PMK Muhajir di Rujak Netizen Gara-Gara Sebut “Rest Area” Bukan untuk Tidur

 

Ketiga, Pondok Pesantren Al Falah Ploso

Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur. Ponpes Al Falah dikenal sebagai salah satu pondok yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga: Korban Ke-5 Teroris Papua, Panglima TNI Berbelasungkawa Atas Gugurnya Pratu F Korban Penembakan KST

Baca juga: Terjadi Lagi, Masjid di Tasikmalaya Tolak Izin Muhammadiyah Gelar Salat Id Hari Ini

Akan tetapi, lebih memilih metode hisab dalam menentukan Idul Fitri, metode yang biasa dipakai oleh perkumpulan Muhammadyah.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa hal ini telah dilakukan Ponpes Al Falah Ploso Kediri sejak lama.

Baca juga: Jagat Maya Heboh: Sholat Id di Ponpes Al-Zaytun, Perempuan Campur Laki-Laki

Baca juga: Budiman Sebar Hoax Pertalite Turun, Netizen: Ternyata Ngibul itu Penyakit Menulat

Perbedaan ini juga tidak pernah menjadi permasalahan serius bagi mereka yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama (NU). Metode hisab Ponpes Al Falah dengan perhitungan Lajnah Falakiyah menghasilkan penentuan Idul Fitri 2023 jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

“Ponpes Al Falah Ploso Kediri menggunakan metode hisab Imkanurrukyah atau menggunakan hisab. Akan tetapi melihat hilal harus di atas ufuq, minimal sudah lebih dari 2 derajat,” kata Gus Abid Umar Faruq, keluarga Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, Kamis (20/4/2023) yang juga Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor tersebut.

Baca juga: Tiktoker Bima Sebut Megawati Janda, Warganet Terbelah

Baca juga: Polemik Tiktoker Bima: Pak Juli Skakmat Pengacara Gubernur Lampung, Pilih Sopan tapi Korupsi atau Berkoar tapi Membela Negara

Keempat, Pondok Pesantren di Suger Kidul Jelbuk Jember

Salah satu Pondok Pesantren di Suger Kidul Jelbuk Jember, Jawa Timur, juga menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri pada Jumat, 21 April 2023. Ponpes yang berafiliasi kepada NU ini meyakini 1 syawal jatuh pada hari Jumat 21 April 2023.

Kelima, Pondok Pesantren Gontor

Pondok Pesantren Gontor, menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat 21 April 2023. Segenap jemaah di Pondok pesantren Gontor akan menggelar Solat Idul Fitri pada Jumat pagi.

baca juga: Kompak! Setelah PDIP Kini PSI Bela Heru Terkait Bongkar Trotoar Warisan Anies

Ini dikatakan jurubicara Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur Noor Syahid membenarkan hal tersebut.

“InsyaAllah ya benar. Pertimbangannya keyakinan bahwa besok sudah Idul Fitri,” ujarnya, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Shalat Idul Fitri 2023 di Kabupaten Subang Berlangsung Khidmat

Keenam, Ponpes Falakiyah Cakung Jakarta Timur

Pondok Pesantren Falakiyah Al Husiniyah Cakung, Jakarta Timur, memastikan telah melihat hilal. Lembaga pendidikan Islam di Jakarta ini pun memutuskan bahwa Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada 21 April 2023 Masehi.

Baca juga: TNI Siaga Tempur di Papua, Ini Jenis Senjata yang di Miliki Teroris Papua

“Hasil ru’yatul hilal untuk 1 Syawwal 1444 H di Lajnah Falakiyah Al Husiniyah Cakung. Hari kamis, tanggal 20 April 2023 dengan tinggi hilal : 2 jah, 7 qoh (Ephemeris) / 3 jah 6 qoh (Sulamunayyiroin). Ghurub Matahari : 17:50 WIB Hilal terlihat pada pukul 17:54 WIB,” demikian informasi yang beredar di media sosial.

Tampak informasi itu disertai video beberapa ustaz atau pendidik yang mengaku melihat langsung hilal atau bulan baru.

Baca juga: Ini Dia 3 Daerah yang Menolak Pelaksanaan Shalat Id Muhammadiyah 21 April 2023

“Ponpes Al husiniyah Cakung punya lembaga Falakiyah jam terbangnya sangat lama artinya kredebilitasnya sangat masyur. Legend!!,” tulis akun twitter @zulfanny, sembari menautkan video kesaksian sejumlah ustaz yang melihat langsung hilal. (sn01)

Baca juga: Parah! Gea Kritik Ganjar, Justru Diperingatkan Akun Polrestabes Semarang

Previous articlePemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444H Jatuh pada Sabtu 22 April 2023
Next articleArab Saudi Shalat Idul Fitri 21 April 2023, Ini Dia Persiapannya
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.