Home Berita Pohon Lita’ Sumbawa Akan Hiasi Istana Presiden IKN

Pohon Lita’ Sumbawa Akan Hiasi Istana Presiden IKN

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Pohon Pule (Alstonia Scholaris) merupakan tanaman keras yang kaya akan manfaat. Bentuk daun yang daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan yang cocok untuk penghijauan. Kulit kayu pule kaya akan manfaat sebagai obat.

Bagi arsitek taman, tanaman ini terkenal eksotis. Eksotisme pohon pule terletak pada karakteristik batang, percabangan, daun dan daya tahan tanaman sehinga menjadikanya bonsai berkelas menghias taman.

Pesona pule dari Sumbawa mampu memikat arsitek Ibu Kota Negara (IKN). Menurut sumber dari Instagram @nusantara.informasi pohon seharga hampir setengah miliar tersebut akan menghiasi taman persis depan istana Presiden.

Sementara menurut Kepala Karantina Pertanian Sumbawa lalullintas pohon pule dari Pulau Sumbawa telah diperiksa oleh Petugas Karantina. “Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan pohon tersebut bebas Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK)” terang Raka.

“Pemeriksaan dokumen dilakukan untuk memastikan bahwa pohon yang ditebang merupakan legal, biasanya telah dilengkapi setiap lalulintas dilengkapi dokumen seperti Nota Angkutan Hasil Hutan Kayu Budidaya, Daftar Kayu Gelondongan dan Berita Acara Inventarisasi dari Dinas terkait”.lanjut Raka.

“Berdasarkan data IQFAST Karantina Pertanian Sumbawa, lalu-lintas pohon lita pada tahun ini hingga 31 Juli 2023 tercatat sebanyak 18 batang dengan frekuensi 8 kali. Sedangkan tahun 2022 sebanyak 1 batang dengan frekuensi 1 kali.” pungkas Raka. (Using)

Previous articlePerkenalkan Destinasy Wisata, Masyarakat Senawang Upacara HUT RI ke-78 di Bukit Terpa Kleang
Next articlePanjat Tiang Untuk Sambung Tali Bendera, Danrem 162/WB Apresiasi Serda Asturiyanto
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.