Home Berita Pohon Bidara, Rahasia Madu Hutan Sumbawa Sangat Berkhasiat

Pohon Bidara, Rahasia Madu Hutan Sumbawa Sangat Berkhasiat

Sarang Lebah Madu Hutan Sumbawa

Sumbawanews.com.- Konon madu merupakan salah satu jenis kuliner tertua di dunia. Sebuah temuan yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences (2013), madu telah digunakan oleh manusia sejak 8.000 tahun silam.

Selain dikenal sebagai pemanis alami, madu juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengobati batuk, mempercepat penyembuhan luka, hingga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

Pohon Binong Yang tinggi menjadi tempat sarang lebah madu hutan Sumbawa

Di Indonesia ada berbagai macam jenis madu yang sangat populer. Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas madu yang berbeda-beda. Sebab bentuk dan warna madu sangat dipengaruhi oleh sumber “makanan” si lebah. Baik itu dari bunga-bunga maupun pohon buah-buahan.

Baca juga: Bidara, Pohon Surga Yang Disebut dalam Alquran: Inilah Manfaat Buat Kesehatan

Menariknya, eksistensi madu khas Indonesia juga akan menarik perhatian dunia. Sebab madu khas Indonesia kabarnya akan dipamerkan dalam gelaran KTT G20 di Bali, pada Desember mendatang. Hal ini jelas akan menaikkan pamor madu khas Indonesia di mata dunia.

Terlebih, hampir di setiap pulau di Indonesia memiliki madu khas yang kaya khasiat. Nah, berikut ini beberapa jenis madu khas Indonesia yang kaya manfaat:

Madu Hutan Sumbawa ini berasal dari lebah liar pengisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Umumnya madu hutan Sumbawa berasal dari nektar pohon bidara dan pohon kopi. Biasanya sarang lebah ini berada di atas pohon yang tinggi seperti di pohon Binong.

Baca juga: 11 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ciri khas madu hutan Sumbawa adalah memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding madu lain. Namun tekstur madu Sumbawa lebih pekat. Madu hutan Sumbawa berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, hingga tumor.

Hutan Sumbawa merupakan salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia, dan keberadaan madu hutan sumbawa ini sudah terkenal diseantero tanah air. Madu hutan dari Sumbawa dikenal dengan nama madu Sumbawa, dimana madu tersebut diproduksi oleh lebah jenis Apis Dorsata – sejenis lebah berbadan besar penghasil madu yang banyak hidup di hutan Sumbawa.

Baca juga: Jalan-Jalan Ke Sumbawa, Jangan Lupa Menyaksikan 7 Tradisi Khas Daerah Sumbawa

Madu hutan Sumbawa terkenal bermanfaaat bagi kesehatan seperti pengembalian stamina, pengobatan dan kecantikan. Khasiat ini disebabkan oleh jenis pohon yag tumbuh di hutan sumbawa diantanya pohon bidara atau dalam bahasa lokalnya goal dan dalam bahasa latinnya disebut ziziphus mauritiana. Bunga-bunga dari pohon tersebut menjadi sumber makanan lebah liar di hutan sumbawa. hal ini lah yang menyebabkan madu sumbawa berbeda dari madu hutan lainnya.

Salah satu jenis madu sumbawa yang banyak di cari oleh wisatawan yang berkunjung kesumbawa sebagai oleh-oleh adalah madu hitam sumbawa.

Madu hitam Sumbawa merupakan madu yang diambil dari hutan Sumbawa. Madu ini bisa dibilang madu yang istimewa karena madu hitam Sumbawa diambil oleh lebah-lebah istimewa Apis dorsata yang menghasilkan madu dari pohon bidara dan pohon kopi.

Baca juga: Waspada! 7 Makanan Pavorit Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Ada banyak sekali manfaat dari madu Hitam Sumbawa. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh madu hitam Sumbawa antara lain adalah madu ini memiliki kadar air yang rendah. Hal tersebut dikarenakan faktor geografis wilayah Sumbawa dan juga proses yang dilakukan dalam mengemas madu hitam ini. Faktor makanan lebah yaitu nektar dari pohon bidara dan juga pohon kopi memiliki khasiat yang luar biasa.

Mengapa Madu Sumbawa menjadi istimewa dan sangat berkasiat karena mayoritas lebah di Sumbawa makanannya dari pohon Bidara. Tanaman Bidara yang satu ini bisa dibilang sangat istimewa. Ia menjadi salah satu tanaman yang disebut dalam Al Quran. Pohon bidara disebutkan dalam Al-Quran sebagai pohon surga yang ada di dunia saat ini.

Pohon Bidara atau disebut goal, tumbuh subur di Sumbawa sebagai tanaman liar

Dari segi khasiat, manfaat bidara juga sangat lengkap. Ia sering digunakan untuk ruqyah karena dipercaya menjadi salah satu tanaman yang bisa menangkal jin dan pengaruh buruknya.

Bidara juga dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tak mengherankan jika kemudian tanaman yang satu ini tak hanya banyak ditemui dalam bantuk kapsul atau ekstrak, namun juga dalam berbagai produk kecantikan.

Khusus di Sumbawa, Pohon Bidara dikenal dengan nama pohon goal yang dianggap sebagai tumbuhan liar dan tumbuh sepanjang jalan dari Poto Tano hingga ujung Kabupaten Bima.

Buah pohon bidara yang sudah matang, rasa manis asem..

Bidara disebutkan dalam Al-Quran, salah satu dalam QS Saba ayat 16 yang berbunyi:

“Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Dari penggalan ayat tersebut, bidara juga dikenal sebagai tumbuhan herbal yang banyak dicari dan terbukti ampuh untuk mengatasi beragam penyakit.

Baca juga: Tertulis Dalam AlQuran, Daun Kelor Bermafaat Untuk Kesehatan
Daun bidara berasal dari tanaman bidara (Ziziphus Mauritiana) sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini juga disebut dalam Al-Quran di beberapa suratnya, salah satunya yang ada di surat Al-Waqi’ah;

Alloh azza wa jalla berfirman:

( وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ * فِي سِدْرٍ مَّخْضُودٍ * وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ * وَظِلٍّ مَّمْدُودٍ * وَمَاء مَّسْكُوبٍ * وَفَاكِهَةٍ كَثِيرَةٍ )

Artinya:

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,” QS. al-Waqi’ah (56) : 27-32.

Buah Bidara

Manfaat Daun Bidara seperti menangkal Jin hingga turunkan Kolesterol miliki beragam manfaat untuk kesehatan yang telah dibuktikan secara ilmiah, dan manfaat ini semakin besar tatkala lebah-lebah di Sumbawa menjadikan bidara sebagai makanannya.

Manfaat yang terdapat dalam madu hitam dari Sumbawa antara lain adalah:

  • Mengobati demam mengobati panas dalam
  • Mengobati anemia
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menghilangkan rasa letih lesu dan lelah
  • Sakit perut
  • Gangguan jantung
  • Mengatasi penyakit pada ginjal
  • Penyakit liver
  • Masuk angin
  • Batuk
  • Asma
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengobati sariawan
  • Sakit tenggorokan dan masih banyak lagi

Nah, penasaran dengan khasiat dan keunggulan madu Sumbawa? berkunjung ke Sumbawa jangan lupa oleh-olehnya madu Sumbawa.

(sn02)

Previous articleTersangka Narkoba, Oknum Polres Bima di Tahan di Rutan Polda NTB
Next articleMuhaimin: Hapus Jabatan Gubernur
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.