Home Berita Menteri PMK Muhajir di Rujak Netizen Gara-Gara Sebut “Rest Area” Bukan untuk...

Menteri PMK Muhajir di Rujak Netizen Gara-Gara Sebut “Rest Area” Bukan untuk Tidur

Menko Muhajir Sebut "Rest Area" Bukan untuk Tidur, Menko PMK: Keluar di "Exit Toll" Terdekat, Masuk Tol Lagi Tak Kena Biaya

JAKARTA, Sumbawanews.com.- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akihinya menjadi bulan-bulanan netizen di jagad twitter setelah mengeluarkan pernyataan Rest Area” Bukan untuk Tidur dan mengimbau pengemudi jika sudah lelah untuk keluar di exit toll terdekat serta ia pun memastikan bahwa pemudik tidak akan dikenakan biaya lagi ketika masuk jalan tol.

baca juga: Kompak! Setelah PDIP Kini PSI Bela Heru Terkait Bongkar Trotoar Warisan Anies

Sontak pernyataan Muhajir ini menjadi trending topic ditwitter dengan hastag “Rest Area”

Berita yang awalnya di bagikan oleh akun @kompas.com langsung mendapat 133.1K Views, 25 Retweets, 83 Quotes, 148 Likes, 2 Bookmarks hingga pukul 20.02 wib, Rabu (19/4/2023).

Grafis dari Kompas ini juga di tayangkan oleh akun txtdaripemerintah @txtdrpemerintah dengan 972.4K Views, 236 Retweets, 537 Quotes, 3,491 Likes, dan 94 Bookmarks.

Baca juga: Viral! Pejalan Kaki Halangi Laju Motor di Trotoar

 


Beragam komentar di cuit oleh pengguna twitter seperti akun W R E T C H E D K I N G @matthew_the_kid dengan cuitan “Wait, what? Bukankah namanya “rest area” ya? Rest kan artinya istirahat dan istirahat bisa macam-macam, mulai dari “istirhat di tempat” sampe tidur. Cuma satu “rest” yg dilarang di rest area, ya itu “Rest in Peace” a.k.a RIP 😅😅😅.”

baca juga: Didatangi PKS, Mahfud Ditawari Jadi Cawapres Anies

Akun Baba_nya Si_Jin_Pink @Om_HME mempertanyakan fungsi rest area yang selama ini sudah dipahami oleh msyarakat dengan cuitan “Rest Area bkn utk tidur?! Pdhl umumnya pengendara di jalan tol disarankan utk berhenti di Rest Area apabila mengantuk saat berkendara agar terhindar dr kecelakaan. Segala keanehan yg tdk terpikirkan sblmnya tjd di era Orde Gila skrg ini.”

Baca juga: TNI Siaga Tempur di Papua, Ini Jenis Senjata yang di Miliki Teroris Papua

Sementara akun Feryanto @fery1205 menganggap pernyataan Menteri Muhajir sebafai candaan semata, “Ah bapak ini suka bercanda aja, klo keluar masuk itu da buang2 waktu pak, ngapain ke toll kalau buang2 waktu, ya setidaknya dibuat aja parkiran seperti mall di rest area itu, an beres, ga memperpanjang masalah.”

Baca juga: Dikritik Tiktoker Bima, Gubernur Lampung Dinilai Arogan

Akun Andhika Willy W @Dhik_Andhi justru mempertanyakan pola pikir yang sangat cerdas dari sang Menteri, “Kekadang saya merasa bodo banget untuk memahami pemikiran yang sangat cerdas, semoga bukan pepatah pinter keblinger atau pinter minteri.”

Nah, komentar akun Dark Moon Labyrinth @need_times lebih kocak lagi, “Ya iya lah,,kalo tempat buat tidur namanya Sleep Area 😂 xixixixi.”

Baca juga: Korban Podcast Ijazah Palsu Jokowi, Gur Nur di Vonis 6 Tahun

Sebelumnya Muhajir mengimbau agar para pemudik tidak berlama-lama di rest area guna menghindari penumpukan. Muhadjir mengingatkan bahwa rest area dapat digunakan bagi para pemudik untuk mengisi bahan bakar, membeli bekal makanan, atau pergi ke toilet.

Adapun bagi para pemudik yang merasa sangat lelah dan hendak beristirahat lama, Muhadjir menyarankan agar keluar melalui exit toll terdekat untuk dapat beristirahat di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh jajaran kepolisian.

baca juga: Tiba di Pemalang, Pemudik Ini tak Sadar Tinggalkan Istri di Brebes

“Kalau memang betul-betul sudah sangat lelah, keluar di exit toll terdekat. Kaditlantas dan Pak Kapolda sudah menyiapkan tempat untuk beristirahat cukup lama untuk tidur sejenak,” kata Muhadjir dalam siaran pers, Rabu (19/4/2023).

Baca juga: Polemik Tiktoker Bima: Pak Juli Skakmat Pengacara Gubernur Lampung, Pilih Sopan tapi Korupsi atau Berkoar tapi Membela Negara

Muhadjir mengatakan, pemudik dapat melanjutkan perjalanan kembali setelah tidak mengantuk. Ia pun memastikan bahwa pemudik tidak akan dikenakan biaya lagi ketika masuk jalan tol. “(Istirahat dan tidur sejenak) sehingga ketika berkendara sudah fresh, dan ketika masuk tol lagi tidak dikenakan biaya,” ujar Muhadjir.

Pengamatan dan pengalaman Sumbawanews.com selama ini, memang ada beberapa pintu tol yang tidak perlu mengetap kartu tol saat memasuki tol sehingga tidak ada biaya, namun saat keluar gerbang tol pengguna tol wajib mengetap kartu tol dan itu dikenakan biaya. (sn2).

Baca juga: Budiman Sebar Hoax Pertalite Turun, Netizen: Ternyata Ngibul itu Penyakit Menulat

Previous articlePenyebaran Covid-19 Meningkat, Presiden Jokowi Ingatkan Kembali Pentingnya Vaksinasi
Next articlePolemik Tiktoker Bima: Pak Juli Skakmat Pengacara Gubernur Lampung, Pilih Sopan tapi Korupsi atau Berkoar tapi Membela Negara
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.