Home Berita Jokowi Tunjuk Luhut Pimpin Satgas Percepatan Investasi di IKN, Warganet: Jadi Sales,...

Jokowi Tunjuk Luhut Pimpin Satgas Percepatan Investasi di IKN, Warganet: Jadi Sales, Jokowi adalah Agennya

Jabatan luhut di pemerintahan, Grafis by Kumparan

Jakarta, Sumbawanews.com. — Penunjukan Luhut Binsar Panjaitan sebagai ketua satuan tugas khusus untuk mempercepat realisasi investasi di IKN Nusantara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai oleh warganet penguasa sebenarnya adalah Luhut.

“Penguasa sebenarnya adalah Luhut. Luhut presiden pilihan rakyat. Jokowi adalah agennya 😀😀😀 Mbuhkah pemerintahan kok goblok banget gini😀😀,” ungkap akun twitter Truth News @Julian303 dikutip Sumbawanews.com, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Diberikan Mandat Menangkan Ganjar, Projo: Jokowi Ingin Pasangan Prabowo-Airlangga

Penunjukan Luhut juga dinilai oleh akun darmadi_bulax’s @darbulax tidak lebih sebagai sales, “Jd sales,” cuitnya.

Seabrek jabatan yang sudah diembankan Jokowi ke Luhut juga di kritisi oleh akun Rustam Latif Khan @RustamLatifKha1 yang menilai ada rahasia tertentu dipegang Luhut sehingga Jokowi terus menerus menunjuk Luhut. “Kekenyangan Luhut dgn seabrek abrek jabatan, Hebat Luhut,, gajinya bisa seabrek abrek juga tuch,,,Pokoknya yg lain kaga kebagian dach, Hanya Luhut yg bisa mengatasi semua masalah di negara ini, tp ga tau juga,,kok selalu Luhut, mgkin ada sesuatu rahasia di pegang dia,” tulisnya.

baca juga: Habib Bahar Ditembak OTK, Polisi Lakukan Olah TKP

Warganet juga menilai proyek IKN tidak laku dan perlu ditutup, “proyek gk laku , udah tutup aja , percuma doi gagal terus Elon gagal , ke China rundingin kereta cepat gagal , jual listrik ke Singapore ditolak karena gak green energi , nagih janji duit dr Amrik gagal !!! , udh nyerah aja deh !!! 🤣😅😂,” tulis akun Tonysugiantono ( THE JACKAL’ S ) @tonysugiantono

Akun Bill (Rakyat Merdeka) @Bill23794356 menilai rezim saat ini berkiblat ke China, “investor dari cina, Utang ke Cina, Datangkan TKA dari cina, baju bekas dari china, Semuanya dari cina, .. ga lama lagi jual negara ke China,” unggahnya.

Baca juga: Terkait Perubahan RKAT: Keberadaan Tim Teknis Misterius, MWA UNS Nilai Ada Unsur Pidananya

Akun Dunia_air Tawar @LorNegoro menyinggung klaim Jokowi akan investor yang sudah banyak ngantri, “mau ketawa takut meroket Dulu katanya sdh over yg pd ngantri inves, kl anda @jokowi bijak,shrsnya mampu menelaah knp Tuhan tdk ksh kemudahan,biar anda mkir,bhw keb urgent bgsa ini bkn memindahkan ibukota,ttp memakmurkan rkyt Indonesia,itupun kl anda bs mkir,” tulisnya.

baca juga: Buktikan Punya Anak dari Wamendagri John Wempi Wetipo, Veronica Jennifer Pajang Surat Keterangan Lahir

Senada dengan akun @LorNegoro, akun Ippo Hajime @bukantuti mempertanyakan klaim Jokowi ini, “katanya sudah OVER SUBSCRIBER investasi di IKN. Kok masih aja seperti itu. Dulu Esemka sudah laku dipesan 6000 unit. Sudah lebih 10 th gak keliatan di Jalan. Dia bilang Stop Impor pd bersorak nyatanya tetap Impor kalian juga bersorak. Jd yg bener yg mana?,” tanyanya.

Akun Armout van Teerang @monteszky menilai misi Jokowi adalah memperkaya Luhut, “memperkaya Luhut sebelum masa jabatan selesai adalah misi yg diemban presiden jkw,” jelasnya.

Baca juga: Meskipun Hobi Nonton Bokep dan Terkait Korupsi E-KTP, Survey SMRC Ganjar Paling Taat Beragama dan Terjujur

Sementara itu Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan penunjukan Luhut ini untuk mempercepat invstasi di IKN.

“Dibentuk juga tim task force khusus yang diketuai Menko Marinves Pak Luhut yang akan mengkoordinir interdept (antar kementerian) dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan efisien lagi,” kata Bambang Susantono dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/5).

Bambang menambahkan pemerintah juga membentuk tim task force di bidang pertanahan. Hal ini dilakukan agar persoalan tanah yang ditawarkan ke investor dapat jelas sehingga investor bisa merumuskan rencana bisnis yang lebih tajam.

Baca juga: Inilah Daftar Nama Pejabat yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun

“Sehingga nanti pada waktu pelaku investasi akan berdialog bersama kami, mencari harga terbaik, tentu akan dilandasi data dan informasi yang up-to-date,” kata Bambang.

Bambang mengatakan sudah ada 209 surat pernyataan minat (letter of interest) yang telah diterima Otorita IKN per Senin (15/5). Dari 209 surat tersebut, 36 di antaranya sudah masuk tahap penandatangan perjanjian kerahasian (non disclosure agreement/ NDA).

baca juga: Inilah Video Kronologis Habib Bahar bin Smith Ditembak Orang Tak Dikenal

Ia menyebut dengan ditandatanganinya NDA, maka pembahasan mengenai investasi akan lebih detail karena akan terjadi pertukaran data antara pemerintah dan investor. Kemudian, investor akan membuat studi kelayakan dan rencana bisnis.

“Ini memang memerlukan waktu. Tapi saya dan Pak Doni (wakil ketua Otorita IKN) diminta untuk mempercepat proses ini agar bisa terealisasi apa yang diinginkan investor di lapangan sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Bambang.

Baca juga: Romi / Eks Napi Korupsi Telah Berdusta Atas Nama Imam Al Mawardi, Hanya Untuk Mendukung Bokeper Ganjar Pranowo?

Luhut menjadi tokoh yang kerap dipercaya oleh Jokowi di masa pemerintahannya selama ini.

Hal itu tampak dari seabrek jabatan yang diamanahkan Jokowi kepadanya sepanjang masa pemerintahannya, baik di periode pertama (2014-2019) maupun kedua (2019-2024). Saking dipercayanya Luhut oleh Jokowi, tak heran netizen Indonesia sempat menjuluki mantan elite Kopassus itu sebagai menteri segala urusan.

Kini pada periode pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, jabatan utama Luhut adalah Menko Bidang Maritim dan Investasi di dalam kabinet. Namun, Ia juga dipercaya Jokowi untuk merangkap sejumlah posisi penting lainnya.

Posisi itu antara lain; Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada Juli 2020 lalu, koordinator PPKM Jawa-Bali, Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional dan ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (sn02)

Previous articleHabib Bahar Ditembak OTK, Polisi Lakukan Olah TKP
Next articlePeduli Dengan Kelestarian Alam Serta Cegah Abrasi, Kodim 1710/Mimika Bersama Satuan TNI-Polri Gelar Penanaman Mangrove
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.