Home Berita Heboh! Bule Prancis Melamar Gadis Remaja 15 tahun di Sulawesi

Heboh! Bule Prancis Melamar Gadis Remaja 15 tahun di Sulawesi

Polewali Mandar, Sumbawanews.com. – Kisah remaja asal Prancis yang ingin menikahi seorang gadis di Tinabung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, viral di media sosial. Remaja tersebut datang bersama kakak dan ibunya langsung dari Prancis ke Polewali Mandar, Sulawesi Barat untuk melamar sang gadis.

Kisah keduanya mulai menyebar luas di media sosial berawal dari unggahan akun Facebook Jie Syamsiah. Ia menceritakan awal mula kisah cinta gadis yang masih duduk di bangku kelas 3 SMP itu dengan sang bule Prancis.

Baca juga: Mengharukan! Kisah Rohana, Muslimah yang Dibesarkan Ibu Angkat Keturunan Thionghoa di Malaysia

“Kemarin viral kisah Ali dari India, bertandang ke Indonesia untuk melamar Syarifah gadis Wajo. Kali ini, giliran Kampung ayah saya, Dusun Pasar Baru (Lawarang) Desa Lekopa’DIS, Kecamatan Tinabung yang akan viral. Semalam, tepatnya di malam Jum’at malam ke 9 Ramadhan 1444 H, gadis belia Raya (15 tahun) yang masih duduk di kelas 3 SMP 1 Tinabung kedatangan tamu Pemuda asal Prancis Abdullah yang usianya lebih tua satu tahun (16 tahun),” tulis akun Facebook Jie Syamsiah.

Dari unggahan Facebook Jie itu diketahui gadis remaja yang dilamar sang bule Prancis bernama Raya. Sedangkan sang bule Prancis yang usianya juga masih remaja bernama Abdullah.

Baca juga: Kisah Mualaf: Inilah Daftar 11 Ilmuwan yang Masuk Islam Setelah Lakukan Penelitian Ilmiah

Jie mengatakan Abdullah datang ke kampung halaman Raya yang berada di Dusun Pasar Baru, Lawarang, bersama dengan kakak kandungnya, Muhammad dan ibunya yang bernama Aida. Kedatangan Abdullah dan keluarganya itu untuk silaturahmi dengan keluarga Raya.

Abdullah juga sudah mempunyai rencana untuk melamar Raya. Jie menjelaskan Raya dan Abdullah pertama kali bertemu melalui media sosial sejak Desember 2022.

Baca juga: Kisah Mualaf: Profesor Keith L Moore, Ayat tentang Embrio Menguatkan Keislamannya

“Awalnya anak gadis ini berteman dengan ibunya Abdullah dan si ibunya suka sama gadis ini. Akhirnya berniat menjodohkan dengan anak cowoknya dan anaknya pun nurut sama ibunya. Entah bagaimana kisah selanjutnya. Insya Allah berharap yang terbaik buat semuanya,” kata Jie Syamsiah.

Baca juga: Ini Kisah Lengkap ‘Muridku Ternyata Calon Suamiku’ di Lampung
Jie mengatakan kebetulan sedang berada di Tinambung, karena hampir setiap minggu berkumpul dengan keluarga. Rumah Raya bertetangga dengan ayah Jie Syamsiah.

Jie menambahkan Abdullah dan keluarganya sempat buka puasa bersama warga lokal di Masjid Nurullah, Tinambung pada awal April 2023. Mereka sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga Raya.

Baca juga: Kisah Mualaf: Pengakuan Mengejutkan Pastor Katolik Terkemuka Amerika Hilarion Heagy Masuk Islam

Abdullah Melamar Raya di KUA

Dalam unggahannya, Jie membagikan momen saat Abdullah sedang berada di Kantor Urusan Agama (KUA) Tinambung, Sulawesi Barat bersama dengan keluarganya. Lamaran itu terjadi pada 3 April 2023.

“Alhamdulillah dan akhirnya kisah yang kemarin viral, pemuda Prancis Abdullah yang bertandang ke Indonesia bersama kakaknya, Muhammad dan ibunya Aida yang datang menemui dan silaturahmi dengan keluarga dek Raya gadis yang dikenal oleh ibunya Abdullah lewat socmed. Kini berlanjut ke KUA Kecamatan Tinambung. Rahasia Tuhan tidak ada yang tahu, apakah mereka berjodoh dan pernikahannya berlanjut,” tuturnya.

Baca juga: Ali Mochtar Ngabalin dan Moeldoko Akhirnya menjadi Pasien Ida Dayak

Abdullah dan keluarganya terlihat sedang berfoto bersama dengan Raya dan petugas KUA. Jie juga memperlihatkan momen Raya berfoto bersama dengan ibu Abdullah.

Unggahan Jie tentang kisah cinta remaja Prancis dan Indonesia yang berencana menikah itu sudah dibagikan lebih dari 3,9 ribu dan mendapatkan 1,4 ribu Likes. Netizen yang berkomentar, ada yang menanggapi usia remaja keduanya hingga penasaran apakah mereka jadi menikah atau tidak.

Baca juga: Ida Dayak Diminta Adiknya Pulang ke Lombok

“Itu contoh orang yang atitude sama etikanya baik, ada tamu datang jauh-jauh dijamu dan disambut dengan baik, bukan malah dibiarkan terlantar di bandara🤭😁🙏🙏,” kata akun Evi Margo.

“Bismillah kalau Allah berkehendak apapun itu bisa terjadi 😘. Sambil memperbaiki keturunan 🤣,” saut akun Rina L.

“Jadi bagaimana kelanjutan ceritanya?? Apakah akan menikah di bawah umur ya calon wanitanya? Mereka masih sama-sama umur belasan,” tanya akun Dhian Hendri.

“15 tahun…. masih remaja, berumah tangga gak seindah khayalan, apalagi ini dengan orang luar, yang banyak perbedaan, beda budayanya, beda bahasanya, dan masih banyak perbedaan lainnya, apa gak takut ke depannya. Semoga saja baik-baik saja, tapi menurut aku terlalu dini,” timpal akun Yhura Kendari.

JikaAbdullah dan Raya hendak menikah di Indonesia, keduanya tak bisa menggelar pernikahan di KUA. Sebab salah satu syarat nikah KUA adalah batas usia menikah. Berdasarkan aturan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 atas perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan di Indonesia, syarat nikah KUA adalah minimal usia 19 tahun. Pasangan yang ingin menikah di KUA namun usianya belum 19 tahun harus mendapatkan dispensasi dari Pengadilan Agama.(sn03)

Previous articleAli Mochtar Ngabalin dan Moeldoko Akhirnya menjadi Pasien Ida Dayak
Next articleMenjelang Lebaran, Jokowi: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Tapi…
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.