Home Berita Hasil Visum Habib Bahar Kelar, Ini yang akan Dilakukan Polisi

Hasil Visum Habib Bahar Kelar, Ini yang akan Dilakukan Polisi

Perbandingan proses hukum Bahar bin Smith dan Denny Siregar. - (Infografis Republika.co.id)

BOGOR, Sumbawanews.com.- Polres Bogor akan meminta keterangan dokter forensik yang melakukan visum terhadap Habib Bahar bin Smith, yang dilaporkan tertembak pada Jumat (12/5/2023) malam. Visum tersebut dilakukan di Rumah Sakit PMI Bogor.

Berdasarkan informasi yang diterima Republika dari pihak rumah sakit, hasil visum Habib Bahar sudah keluar dan sudah diambil pihak kepolisian. Namun, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, belum mengkonfirmasi perihal informasi tersebut.

Bac juga: Mirip Kasus KM 50, Ada Mobil Kijang Hitam Membuntuti Sebelum Habib Bahar Ditembak

“Kami masih akan meminta keterangan dokter forensik yang melakukan visum et repertum,” kata Iman dikutip Sumbawanews.com dari Republika, Minggu (21/5/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan, saat ini Polres Bogor tengah melakukan pengambilan keterangan terhadap saksi-saksi. Sejauh ini sudah ada 16 saksi diperiksa, namun belum disebutkan siapa saja saksi yang dimintai keterangan dalam kasus ini.

Baca juga: Habib Bahar Ditembak OTK, Polisi Lakukan Olah TKP

“Saat ini kami sedang melakukan pengambilan keterangan terhadap saksi-saksi dan penelusuran CCTV,” kata Iman.

Terpisah, Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta, mengatakan Tim Advokat Habib Bahar Telah mendampingi kliennya untuk melakukan visum di Rumah Sakit PMI Bogor. Ichwan menyebutkan, rumah sakit tempat Habib Bahar dirawat pascakejadian dan rumah sakit untuk visum merupakan rumah sakit yang berbeda.

“Beda rumah sakit,” kata Ichwan, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Survei Indikator Politik: Ganjar-Sandiaga Ungguli Prabowo-Erick Thohir

Sebelumnya, diberitakan Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB. Namun, hingga kini, belum diketahui siapa penembaknya dan lokasi tepat penembakan.

Seorang petugas di RS PMI Bogor yang enggan disebutkan namanya kepada Republika pada Rabu (17/5/2023) lalu membenarkan, bawhwa visum Habib Bahar dilakukan di RS PMI Bogor. Kendati demikian, ia tidak mengetahui secara detail perihal visum tersebut.

Baca juga: Ganjar Kunjungi Gereja di Manado, Joppie Worek Kirim Surat Penolakan

“Iya (Habib Bahar visum di RS PMI Bogor). (Hasil visum) belum (keluar). Nggak tahu (terkait pengecekan awal), saya nggak buat visumnya,” kata dia kepada awak media, Rabu (17/5/2023).

Petugas RS itu mengaku, tidak mengetahui kapan tepatnya Habib Bahar datang untuk melakukan visum. Karena ia tidak berada di bagian yang berhubungan dengan visum.

Di samping itu, ia juga meminta agar publik menunggu penyampaian hasil visum Habib Bahar dari pihak kepolisian. Mengingat permintaan visum juga datang dari kepolisian.

“Ya nanti saja nunggu dari kepolisian, yang minta permintaan visumnya dari polsek. Kita nggak bisa mengungkapkan hasil visum juga. Kalau sudah jadi ke publik, itu hanya kewenangan kepolisian,” katanya menegaskan. (sn02)

Previous articleKapusbintal TNI Pimpin Manasik Haji TNI Visa Athan Saudi Arabia
Next articleIni Dia Isi Pertemuan Prabowo – SBY
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.