Home Berita Elektabilitas Anies Salip Ganjar, Warganet: Rakyat Ogah Pilih Capres Boneka, Polling Lebih...

Elektabilitas Anies Salip Ganjar, Warganet: Rakyat Ogah Pilih Capres Boneka, Polling Lebih Jujur dari Survei

Jakarta, Sumbawanews.com. – Elektabilitas Anies Baswedan menyalip Ganjar Pranowo dan memepet Prabowo Subianto di urutan nomor satu dalam survei terbaru yang digelar Indonesian Political Opinion (IPO). Nama Anies unggul atas Ganjar dalam berbagai simulasi di survei tersebut.

Dalam simulasi 40 nama, Prabowo mendapatkan perolehan elektabilitas 27,3 persen, kemudian Anies Baswedan 24,6 persen, dan Ganjar Pranowo di 16,2. Urutan serupa juga terjadi dalam simulasi lima nama. “Di lima nama, Prabowo tetap tertinggi 34,9 persen, Anies Baswedan 25,9 persen, Ganjar Pranowo meningkat juga 24, 1 persen,” ujar Direktur (IPO) Dedi Kurnia Syah dalam keterangannya, Jumat, 16 Juni 2023.

Baca juga: Viral Video Ganjar Ketemu Pengusaha Jatim Terduga Korupsi di KPK

Pada simulasi tiga nama, posisi puncak masih ditempati Prabowo Subianto dengan perolehan suara 37,2 persen, kemudian Anies Baswedan 31,5 persen, dan Ganjar Pranowo di 26,8 persen. Survei IPO digelar pada 5-13 Juni 2023. Survei menggunakan teknik wawancara penelitian hybrid secara tatap muka sebanyak 480 responden dan sambungan telepon sebanyak 720 responden, sehingga total ada 1.200 responden.

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen. Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. IPO mengklaim survei ini mengambil representasi sampel yang tersebar proporsional dalam skala nasional.

Baca juga: BuzzeRp Bungkam Terkait Utang 4,6T Mandalika, Warganet: Patung Jokowi Simbol Utang Dijual Aja

Pegiat media sosial Eko Widodo melalui akun Twitter @ekowboy2 menyoroti elektabilitas Anies Baswedan yang tengah menyalip Ganjar Pranowo dan mendekati Prabowo Subianto dalam survei terbaru yang digelar Indonesian Political Opinion (IPO). Menurutnya, rakyat sudah cerdas sehingga tidak mau memilih Ganjar.

“Ganjar surveinya terjun bebas tersungkur di bawah Anies, rakyat sudah cerdas ogah pilih capres boneka!!,” tulis Eko, Minggu (18/06/2023) dikutip Sumbawanews.com.

Baca juga: Amien Rais, SBY dan Surya Paloh dapat Tampil Pimpin People Power

Pandangan senada juga diungkapkan akun Albar Assegaf GibraNowsky @AssegafAlbar yang melihat hasil survei ini ada kesamaan dengan polling online, “survey yg asli itu polling, jumlahnya puluhan sampai seratus ribu rakyat di berbagai polling, masyarakat bebas utk mengisi poling tidak sperti lembaga survey yg serba rahasia, tidak bisa dideteksi dan hanya penampakan persentase. Semua hasil polling anies unggul 65 hingga 85%,” jelasnya.

Baca juga: Kapuspen TNI : Video Di Medsos Dukungan TNI Untuk Anies Adalah Hoax

Akun Jendral Kepiting @JendralKepitin9 juga melihat fakta di lapangan bahwa sambutan rakyat kepada Anies berbeda dengan kebanyakan Survei. “Iya bener,yg fakta nya d lapangan bukan survei survei bayaran, d lapangan itu waduh pak,,,rakyat sudah kecewa sekali dgn PDIP dan Jokowi, selalu merendah kan rakyat,hasil alam d Indonesia d keruk d ekspor,rakyat wes jengkal SM PDIP,” cuitnya. (sn03)

Previous articlePemilik akun @Kebobrokankalian Akan di Laporkan Ke Mabes Polri Terkait Konten “Manuver TB1 Bikin Pusing Istana”
Next articleWaduh! Erina Gudono Ungkap Kaesang Rajin Latihan Pidato, Kiky Saputri: Segitu Niatnya Nipu Rakyat?
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.