Home Berita Diklaim Produk Nasional, Ternyata Mobil Esemka Masih Buatan China

Diklaim Produk Nasional, Ternyata Mobil Esemka Masih Buatan China

Jokowi saat menyambangi stand mobil Esemka di IIMS 2023

Jakarta, Sumbawanews.com.- Mobil Esemka yang digadang-gadang oleh Presiden Jokowi hasil karya anak bangsa sebagai produk nasional ternyata bukan produksi dalam negeri, melainkan diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) langsung dari China.

Fakta ini terungkap di ajang pameran otomotif International Motor Show (IIMS) 2023, yang digelar mulai 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Buka IIMS 2023, Jokowi Membisu Soal Esemka

Seperti diketahui, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) menampilkan Esemka Bima EV di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Untuk mobil ini, Esemka memang masih harus mengimpor. Namun, untuk lini produk Esemka lainnya, sudah diproduksi di dalam negeri.

Saat ini, Bima EV dibanderol Rp 530 juta. Untuk menekan harga, Esemka pun sudah memiliki rencana untuk memproduksi kendaraan ini secara lokal di pabrik Boyolali, Jawa Tengah.

“Sementara masih diimpor tuh dari China tapi di masa depan bukan tidak mungkin akan kami produksi sendiri di Tanah Air,” kata Direktur Utama Esemka Eddy Wirajaya dikutip Jumat (17/2/2023) seperti dilansir CNBC.

Baca juga: Kenapa Kapal Tidak Tenggelam? Inilah Ulasan Ilmiahya

Saat ditanya kenapa memilih China, sementara ada Jepang dan Korea Selatan yang terkenal dengan industri otomotifnya, Eddy pun mengungkapkan alasannya.

Bos Esemka itu sempat menghela nafas sembari tertawa selama 4 detik lalu menjawab meski tidak secara eksplisit menjelaskan alasannya secara detil.

“Secara bisnis mitra kerja, kami mencari calon mitra itu yang bisa membuat kami dalam komitmen bersama apapun mitra yang tergabung dengan kami, local brand kami adalah bagian kolaborasi,” jelasnya.

Meski demikian, Esemka tetap terbuka dengan peluang kerja sama yang ada. Pasalnya posisi perusahaan murni swasta sehingga bisa bekerja sama dengan pihak manapun.

“Kita sudah banyak bermitra dengan yang lain dan kita posisinya tetap terbuka, apabila dalam waktu kondisi yang sama bisa menjadi suatu kolaborasi bersama kami akan lakukan,” jelas Eddy.

Alih Tekhnologi

Eddy  mengatakan bahwa pihaknya perlu belajar mengembangkan teknologi kendaraan untuk bersaing di Indonesia. Oleh karena itu mengimpor mobil secara utuh menjadi salah satu pilihan yang bisa Ia ambil.

“Mobil listrik adalah teknologi baru dan kami butuh riset serta transfer teknologi. Sekarang Esemka Bima EV masih prototipe tapi ke depan akan diproduksi secara CKD di pabrik kami di Boyolali,” tegasnya.

Ia bahkan yakin bila hasil studi di IIMS 2023 menunjukkan hasil positif, bukan tidak mungkin mobil tersebut akan diproduksi tahun ini. Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan unit lebih cepat dan murah.

Baca juga: Inilah Doa Sembuh Dari Penyakit dan Amalan yang Baik Untuk Dilakukan Saat Sakit

“Harapannya bila ternyata respon pasar bagus, kami akan secepatnya berproduksi kalau perlu tahun ini,” tegas Eddy kemudian.

Ia menambahkan bahwa pihaknya tidak masalah bila bersaing dengan pabrikan lain. Bahkan merupakan sebuah kehormatan melakukannya.

“Kami tetap punya kebanggaan bahwa Esemka merupakan produk swasta nasional. Kami tidak pernah berkecil hati untuk itu serta tetap berjuang sesuai kapabilitas dan kalau bisa menjadi yang terbaik,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Esemka membawa beberapa model termasuk Bima EV di ajang IIMS 2023. Kendaraan tersebut hadir dalam dua varian yaitu minivan dan cargo van sehingga dapat disesuaikan keinginan pelanggan.

Baca juga: Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Keduanya dilengkapi oleh baterai Ternary Ion – Lithium berkapasitas 49.1 kWh untuk menempuh jarak sejauh 300 km. Menariknya adalah pengisian daya melalui Quick Charge hanya membutuhkan waktu 1 jam dari 20 persen menjadi 80 persen.

Baterai kemudian disandingkan dengan motor penggerak yang mampu menghasilkan tenaga 100 hp dan torsi 165 Nm. Performa tersebut dinilai cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Daftar Harga Esemka di IIMS 2023

Bima 1.3 Pick Up : Rp137 juta
Bima 1.3 Pick Up AC EPS : Rp150 juta
Bima EV Passenger Van : Rp540 juta
Bima EV Cargo Van : Rp530 juta

(sn02)

Previous articlePertamina Internasional EP Beli 10 Persen PI ExxonMobil Iraq Limited
Next articleLogo Baru Esemka Mirip Produsen China Hozon Auto, Ini Penjelasannya
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.