Home Berita Berambisi Jadi Militer Terkuat Eropa, Polandia Sebut Akan Punya F-35 Hingga M1A2...

Berambisi Jadi Militer Terkuat Eropa, Polandia Sebut Akan Punya F-35 Hingga M1A2 Abrams

Washington DC., sumbawanews.com – Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki dijadwalkan akan berada di Amerika Serikat dari 11 hingga 13 April mendatang. Dan pada kunjungan, Selasa (11/04) melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris di Gedung Putih, Washington DC.

Disebutkan, Salah satu topik penting dari kunjungan kepala pemerintahan Polandia ke Amerika Serikat adalah pelaksanaan kontrak Polandia-Amerika. Untuk pembelian peralatan militer Amerika untuk tentara Polandia.

Perluasan potensi pertahanan Polandia yang dialokasikan 4 persen dari PDB pada tahun 2023, didasarkan pada melengkapi tentara dengan peralatan buatan Polandia. Tetapi juga dengan teknologi terbaru yang diproduksi di Amerika Serikat.

Dan pada saat yang sama mendukung investasi pertahanan Amerika di negara kami, yang secara langsung akan diterjemahkan ke dalam keamanan Polandia. “Polandia ingin membangun tentara terkuat di Eropa, oleh karena itu kami ingin bekerja sama dengan industri pertahanan paling maju di dunia, yaitu industri Amerika,” kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki.

Baca Juga : Leopard 2A4 Polandia Tiba di Ukraina

Dijelaskan, di tahun-tahun mendatang, militer akan dilengkapi dengan tank M1A2 Abrams SEPv3 terbaik dunia dan pesawat tempur multiperan F-35A generasi kelima. Selain itu, langit Polandia akan dijaga oleh baterai sistem PATRIOT yang telah teruji, dan tentara Polandia akan mengoperasikan peluncur HIMARS.

“Pesanan untuk peralatan modern ini adalah bagian dari kerja sama militer Polandia-Amerika – di tangan tentara Polandia,” ucapnya.

Selain itu, Polandia telah menyelesaikan kontrak untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Polandia bekerja sama dengan Amerika Serikat. Energi nuklir untuk Polandia merupakan langkah penting menuju masa depan yang lebih hijau dan lebih aman bagi perekonomian kita.

Baca Juga : Biden Akan Berada di Polandia Bahas Dukungan Ukraina dan Peningkatan Pencegahan NATO

Selain itu, Polandia siap menerima investasi utama dari perusahaan Amerika terbesar di sektor teknologi. “Hari ini, di sini dari Washington, saya dapat mengatakan bahwa saya tahu bahwa akan ada investasi lebih lanjut di Polandia – investasi yang sangat maju, investasi dalam teknologi terbaru, tetapi juga investasi pertahanan. Ini adalah hal yang sangat penting di era membangun dan memperkuat aliansi Polandia-Amerika, kata kepala pemerintahan Polandia,” ucapnya. (Using)

Previous articleMuhammadiyah Sudah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023, Kapan Sidang Isbat Pemerintah?
Next articleArtis Idol Kpop Ravi Eks VIXX Minta Maaf ke Pasien Epilepsi Terkait Skandal Gunakan Jasa Calo Agar Tak Wamil
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.