Home Berita Banggar Dewan Minta Pemda Beri Atensi 13 Usulan

Banggar Dewan Minta Pemda Beri Atensi 13 Usulan

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – I Nyoman Wisma, Juru Bicara Badan Aggararan (Banggar) DPRD Sumbawa, menyampaikan 13 usulan agar menjadi perhatian pemerintah daerah. Usulan tersebut disampaikan dalam sidang paripurna DPRD Sumbawa, Rabu (29/11).

“Mencermati hal-hal yang berkembang selama proses pembahasan berlangsung, serta memperhatikan perkembangan terakhir pembangunan di daerah kita, Badan Anggaran menyampaikan beberapa usul saran untuk menjadi perhatian Pemerintah Daerah,” katanya.

Baca Juga: Fraksi Partai Demokrat: APBD Harus Mencerminkan Respon Pemda Atas Kebutuhan Prioritas Masyarakat

Usulan tersebut yakni, Dari sudut pandang kebijakan daerah, Badan Anggaran berpendapat bahwa APBD Tahun Anggaran 2024 harus dapat menuntaskan visi dan misi Kepala daerah/Wakil Kepala Daerah, yang memiliki korelasi dengan Perencanaan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), perencanaan dan penganggaran tahunan, RKPD, Renja OPD serta kebijakan umum anggaran yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu, kepada semua Kepala OPD agar tetap semangatmeningkatkan kinerjanya, yaitu dengan melakukan upaya penajaman prioritas serta benar-benar mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan. sehingga anggaran yang terbatas dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang optimal.

Badan Anggaran mendukung keberlanjutan program Pemerintah Daerah tahun sebelumnya yang kami pandang sebagai program unggulan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti penghapusan kemiskinan ekstrim, Jaminan Kesehatan Nasional atau Universal Healt Coverage (UHC), Pengadaan Ambulance Desa, Pemenuhan SPM Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Bantuan peralatan bagi petani dan nelayan, layanan Pemasaran bagi UMKM, Penyediaan Lapangan kerja, Pemberian insentif bagi Guru Ngaji, RT/RW, Petugas Posyandu, Pengembangan Pariwisata Sejarah, Peningkatan layanan air bersih, dan pemantapan infrastruktur termasuk program nasional yakni Penanganan Stunting, pengangkatan PPPK serta program-program prioritas daerah lainnya di tahun 2024.

Badan Anggaran mendorong keberlanjutan Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Sering Kecamatan Unter Iwes, termasuk di dalamnya penyediaan alat kesehatan yang menjadi persyaratan penting dalam mendukung danmengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Badan anggaran mendorong Pemerintah Daerah untuk memperkuat pengembangan infrastruktur dan konektivitas wilayah. Oleh karena itu, Komunikasi dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat harus terjalin dengan baik, terutama untuk wilayah-wilayah yang kondisi jalan dan jembatannya masih kritis dan belum mantap, serta akses telekomunikasi dan internet sebagaimana target-target yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026.

Terhadap Bidang Pendidikan, Badan Anggaran mengarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu modal utama Pembangunan Daerah, seperti Pembiayaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Penguatan PAUD, Sekolah dan Guru Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, Integrasi ketersediaan layanan pendidikan, dan platform pembelajaran berbasis teknologi. Badan Anggaran juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa (melalui Bupati Sumbawa) yang telah menerima Penghargaan Anugerah Istimewa Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Tahun 2023, atas Komitmen dan Dukungan Mendorong Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas.

Badan Anggaran sangat memahami pentingnya tata kelola lingkungan hidup, untuk itu Badan Anggaran mendorong peningkatan tata kelola lingkungan hidup, khususnya sektor kehutanan dengan memperkuat sinergitas dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat selaku pemangku kewenangan, terutama dalam penanggulangan aktivitas Illegal Logging dan Illegal Mining.

Badan Anggaran mendorong peningkatan kualitas produk unggulan daerah dan ekonomi kreatif yang berdaya saing, sehingga menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyiapan kerangka regulasi maupun kelembagaan, terlebih saat ini telah berlaku secara online pelaksanaan pendaftaran badan hukum UMKM. Badan Anggaran memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang berhasil mendapat apresiasi dan pengakuan oleh tim juri Indonesia Halal Industry Award (IHYA) Kementerian Perindustrian RI, kategori The Best Municipal/Regency Program, bersama BMT Insan Samawa menerima IHYA Award Kategori Best Halal Micro Financial dan Balai Kajian Halal Universitas Samawa yang menerima IHYA Award kategori Best Academi Social Impact Inisiative.

Terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Badan Anggaran sangat konsen dan menaruh harapan besar kepada Pemerintah Daerah untuk terus berupaya maksimal menggali dan memanfaatkan sumber-sumber atau potensi-potensi pendapatan yang ada dalam rangka menunjang percepatan Pembangunan Daerah. Salah satunya dengan memaksimalkan sektor penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

Terkait pembangunan Pengaman Tebing Sungai yang ada di Kabupaten Sumbawa, Badan Anggaran mendorong Pemerintah Daerah untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi yakni dengan BNPB dan BWS NT1 dalam upaya rehabilitasi dan rekonstruksi dampak kerusakan banjir.

Badan Anggaran mendorong Pemerintah Daerah untuk pemanfaatan aset yang telah dibangun seperti Pasar Brang Bara, Pasar Ikan Utan agar memaksimalkan pemanfaatannya, demikian pula aset daerah seperti tanah dan bangunan lainnya. Optimalisasi pemanfaatan tanah dan bangunan bisa dalam bentuk sewa dengan tarif yang sesuai dengan peraturan daerah.

Terhadap harapan peningkatan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sumbawa dan peredaran narkoba, Badan Anggaran mendorong Pemerintah Daerah melalui Satpol-PP yang kolaborasi dengan Kepolisian Resort Sumbawa agar tetap melakukan patroli rutin atau Kegiatan Rutin Yang ditingkatkan (KRYD) untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

Terhadap kebutuhan air bersih masyarakat, Badan Anggaran mendorong Pemerintah Daerah melalui Perumdam Batulanteh agar terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kualitas dan kuantitas air PDAM terjamin dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Terhadap catatan, saran dan masukan yang telah disampaikan oleh Fraksifraksi DPRD Kabupaten Sumbawa melalui Pandangan Umum Fraksinya, Badan Anggaran berharap agar menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah dalam mewujudkan akselerasi pembangunan di daerah,” ucapnya. (Using)

Previous articleSetelit Intai Korut Segera Operasi, Kim Jong-Un Terima Laporan Hasil Jepretan
Next articleTangani Illegal Logging dan Illegal Mining, Ketua Komisi II: Penting Koordinasi Top-Down dan Kolaborasi Semua Pihak
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.