Home Berita Bahas SCO hingga BRICS dengan Lavrov, Menlu Iran : Kemajuan Baik Telah...

Bahas SCO hingga BRICS dengan Lavrov, Menlu Iran : Kemajuan Baik Telah Dibuat

Moskow, sumbawanews.com – Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, Kamis (30/03) mengatakan, setelah dua putaran pembicaraan sebelumnya di Teheran dan Moskow, kemajuan yang baik telah dibuat di berbagai bidang. Dan hubungan bilateral berada di jalur yang benar dan maju.

Amirabdollahian mencatat, banyak kunjungan antara kedua negara dan kemajuan dalam hubungan bilateral menunjukkan bahwa Iran dan Rusia bertekad untuk memperkuat kerja sama mereka. Dan penyusunan perjanjian kerja sama strategis jangka panjang antara kedua negara sedang dalam tahap akhir dan akan siap untuk ditandatangani.

Amirabdollahian juga menekankan perlunya menyelesaikan dan mengimplementasikan perjanjian yang ditandatangani oleh Teheran dan Moskow untuk meningkatkan kerja sama transit mereka mengenai koridor utara-selatan, mencatat bahwa pelaksanaan perjanjian mengenai proyek kereta api Rasht-Astara harus dipercepat.

Menlu Iran juga menyatakan senang dengan tren positif kerja sama antara Iran dan Rusia di organisasi regional dan internasional.

Isu lain yang diangkat dalam pertemuan itu adalah kerja sama antara Iran dan Rusia di bidang energi. Termasuk berbicara tentang persetujuan 40 perjanjian atas keanggotaan pasti Iran di Organisasi Kerjasama Shanghai dan penguatan kerja sama dalam kerangka SCO, menyuarakan harapan bahwa proses keanggotaan Iran dalam kelompok BRICS akan selesai juga.

Amirabdollahian juga menguraikan pandangan Iran tentang perkembangan di Ukraina, Palestina, Yaman, dan Kaukasus Selatan. Dia menekankan perlunya solusi politik untuk krisis di Kaukasus Selatan dan menegaskan kembali penentangan Iran terhadap setiap perubahan geopolitik di kawasan ini.

Disebutkan, Segey Lavrov mendukung aksesi Iran ke SCO, dan menyerukan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Teheran dan blok ekonomi Eurasia. Dan juga melihat keanggotaan Iran di BRICS. (Using)

Previous articleArab Saudi Disebut Setuju Gabung, Iran Kemungkinan Jadi Anggota Penuh SCO
Next articleTragedi Kanjuruhan, Alasan FIFA Membatalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.