Home Berita Babinsa Koramil 1628-02 Sekongkang Kunjungi Pengolahan Limbah Organik Kuli Farm di Desa...

Babinsa Koramil 1628-02 Sekongkang Kunjungi Pengolahan Limbah Organik Kuli Farm di Desa Benete

Sumbawa Barat, sumbawanews.com – Babinsa Koramil 1628-02/Sekongkang kunjungi Kelompok Usaha Lestari atau biasa di Kenal dengan Kuli Farm, yang sejak beberapa tahun ini melakukan pengolahan limbah organik menjadi pakan alternatif unggas dan pembuatan Kompos, yang berlokasi di Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (05/07). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya Babinsa dalam mendukung pelestarian lingkungan dalam pengolahan limbah organik dan peningkatan ekonomi.

Sertu Herman Efendi, dalam kesempatan diskusi di lokasi pengolahan limbah organik tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungan  terkait pengolahan limbah organik yang ada saat ini. “Ini sebuah inovasi yang bagus, selain bisa membantu mangatasi masalah sampah organik, kegiatan tersebut ada nilai pemberdayaan dan tentunya ada nilai tambah dari sisi ekonomi. Yang awalnya limbah atau sampah ini bisa menjadi sebuah berkah,” ungkapnya.

Baca Juga: Kuli farm dan Ugotin Kolaborasi pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok MPA

Selain memberikan apresiasi, Sertu Herman Efendi, juga membantu membagikan informasi terkait produk dari kuli farm berupa maggot kering dan juga pupuk kompos.

Sementara itu, alimuddin selaku owner dari Kuli Farm mengungkapkan rasa terima kasih kepada Babinsa Desa Benete, Koramil 1628-02/Sekongkang. “Ini suatu kehormatan bagi kami dan memberikan motivasi tersendiri bagi kami. Dengan adanya dukungan dari pihak militer. Ini artinya semakin banyak yang peduli terhadap lingungan. Khusnya pengolahan limbah organik,” tutur ali, sapaan akrapnya. Saat ini pihaknya mengambil sampah organik dari rumah makan yang ada di kecamatan Maluk.

Dalam kunjungan dan diskusi tersebut Ia, juga menyampaikan beberapa tantangan selama melakukan pengolahan Limbah Organik Menggunakan Larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF). “Jadi produk kami saat ini ada dua jenis, yang pertama Maggot Fress nya kita gunakan sebagai kebutuhan ternak unggas kami sendiri. Kemudian produk yang kedua berupa pupuk kompos. Ini yang kami lagi cari perusahaan yang membeli. Pupuk komposnya bagus bagi tanaman,” jelasnya. (Using)

Previous articleDesa dan Kelurahan Akan Diberi Tanggungjawab Atasi Sampah Masing-Masing
Next articleSampah Dari MXGP Samota 7,2 Ton
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.