Home Berita Audiensi Dewan Pendidikan Sumbawa, Ketua DPRD Abdul Rafiq Siap Bangun Sinergi

Audiensi Dewan Pendidikan Sumbawa, Ketua DPRD Abdul Rafiq Siap Bangun Sinergi

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Pengurus Dewan pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2023-2028 kunjungi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Jumat  pagi (17/3/2023). Kunjungan audensi Pengurus Dewan Pendidikan langsung diterima Ketua DPRD Abdul Rafiq di ruang kerjanya.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Jamhur Husein menyampaikan, Dewan Pendidikan sangat butuh kerjasama yang baik dari DPRD Kabupaten Sumbawa agar Dewan Pendidikan dapat bekerja dengan baik. “Besar harapan kami, DPRD Kabupaten Sumbawa mau mendukung segala sesuatu kinerja maupun program yang akan diajukan oleh Dewan Pendidikan, selama ini Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa termasuk  yang paling eksist di Provinsi NTB dalam memfasilitasi permasalahan pendidikan di Kabupaten Sumbawa meskipun dengan sokongan anggaran yang minim, namun berkat keikhlasan seluruh anggota, program kerja periode sebelumnya dapat berjalan, terlebih lagi bila sekarang dalam kepengurusan yang baru mendapat support dari DPRD akan bisa lebih gesit dan lebih luas jangkauannya,” ungkap Jamhur Husein.

Ditambahkan oleh Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Zainuddin SE  bahwa setelah dilantik oleh Bupati Sumbawa awal Maret lalu, lembaga banyak menerima keluhan dari orang tua maupun siswa dan tenaga kependidikan terkait kasus yang dialami. Diantaranya adalah kasus pencabulan, pengaduan perundungan. Termasuk maupun tenaga kependidikan dari PPPK yang penempatan tugasnya tidak sesuai dengan formasi awal yang dilamar, bahkan juga lulus namun belum mendapatkan formasi.

Disamping itu ada juga penangnan konsultasi psikologis bagi siswa yang mengalami kasus kekerasan, pelecehan seksual. Hingga masalah kekurangan Rombongan Belajar (Rombel) dan guru juga diadukan ke dewan Pendidikan Sumbawa.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Abdul Rafiq mengungkapkan, DPRD Kabupaten Sumbawa akan mendukung program maupun kinerja Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa sesuai dengan tupoksinya dari sisi legislatif. “Saya akan mengajak Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa lainnya untuk  mendukung program ataupun kinerja Dewan Pendidikan, dan Saya yakin jika DPRD mendukung, bersinergi dengan baik, pendidikan di Kabupaten Sumbawa  akan semakin bagus dan baik. Maka tidak ada alasan untuk DPRD, untuk tidak mendukung Dewan Pendidikan,” Ujar Abdul Rafiq yang juga Pembina PGRI Kabupaten Sumbawa ini.

Dikatakan, Dewan Pendidikan sejatinya mendukung Pemerintah Daerah, baik eksekutif maupun legislative. Sehingga dengan kepengurusan yang baru, perlu disupport program dan anggarannnya sehingga Dewan Pndidikan ini bisa berfungsi secara maksimal, dan skema yang akan dilakukan seperti lazimnya Lembaga ataupun ormas lain dalam pengajuan anggaran kepada Pemerintah Daerah.

Dewan pendidikan dan DPRD Sumbawa bisa bersinergi dan berkolaborasi  karena di DPRD juga memiliki komisi 4 yang menangani bidang pendidikan sehingga sewaktu-waktu misalnya kalau ada persoalan-persoalan pendidikan, Dewan pendidikan bisa diundang dalam menghasilkan rekomendasi  bersama terkait dengan pendidikan, Hal ini saling menguatkan karena dalam kedua lembaga punya kompetensi dan kapasitas yang mendukung.

Selain beraudensi, kunjungan tersebut juga sebagai ajang silaturrahmi antara pengurus Dewan Pendidikan priode baru dengan DPRD Kabupaten Sumbawa Diantara adalah Zainuddin SE, Jamhur Husain, Dr Suharli dan Erma Suryani MPd, Supriyadi, dan Dr. Umar. Kemudian Junaida Iriani MPd, Sanapiah SPD, Sri Wahyu Hidayati S.Psi, Jhon Kenedi SPd.MPd dan Ubaidullah SPd MPd. (Using)

Previous articlePersonel Pos Balingga Satgas Yonif Mekanis 203/AK Hadiri Acara Kedukaan di Distrik Balingga
Next articleHadiri Sedekah Orong Tarusa, Abdul Rafiq: Penting Jaga Tradisi Leluhur
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.