Home Berita Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Latihan Bladi Lapang Korem 153/Baabullah

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Latihan Bladi Lapang Korem 153/Baabullah

Ternate – Komandan Korem 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP   pimpin acara apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka Gladi Lapang Korem 152/BBL bertempat di lapangan Sunyie Lamo, Salero Kota Ternate, Maluku Utara. Jumat (13/10/2023)
Gladi Lapang Latihan Penanggulangan Bencana ini, diskenariokan telah terjadinya Erupsi Gunung Gamalama  diwilayah Kota Ternate Maluku Utara yang mengakibatkan beberapa wilayah / Kelurahan di Kota Ternate mengalami dampak bencana yang dapat mengancam keselamatan jiwa masyarakat.
Guna mengeliminir dan mengantisipasi lonjakan korban warga sekitar yang lebih besar, TNI, Polri, Pemda, Basarnas yang tergabung dalam PRC PB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) melakukan integrasi dan berkolaborasi pengerahan kekuatan skala besar di tiga wilayah yang terdampa baik personel, materiil maupun sarana dan prasarana terkait dengan kebencanaan alam.
Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP , dalam amanatnya mengatakan Gladi Lapang Latgul Bencal ini untuk melatih ketanggapsegeraan dan kesiapsiagaan satuan dan unsur -unsur terkait dalam rangka membantu penanganan bencana alam diwilayah. Sehingga dilakukan sejumlah simulasi, yang mengambarkan kondisi jika terjadi bencana alam khususnya Gunung Meletus.
“Latihan Gladi Lapangan yang dilaksanakan selama Lima hari ini merupakan media uji coba prosedur tetap Korem 152/Baabullah bersama unsur terkait, TNI, Polri, Pemda, Basarnas  dan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam diwilayah”, ujarnya.
Dengan dilatihkannya kegiatan ini, diharapkan segenap satuan dan unsur yang tergabung dalam Latihan dapat dan mampu bekerjasama serta bersinergi dalam menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi diwilayah. Sehingga kita   akan selalu siap setiap saat untuk melaksanakan operasi jika terjadi bencana diwilayah” ucapnya,”
Setelah pelaksanaan Gelar pasukan, seluruh peserta Latihan melaksanakan Simulasi Latihan di tiga Kelurahan, yaitu Kelurahan Kulaba, Kelurahan Tarau dan kelurahan Tubo yang diperanggapkan sebagai wilayah yang terdampak paling parah terkena erupsi Gunung Gamalama.
Dengan penuh semangat dan antusias seluruh peserta Latihan serta masyarakat yang berada di tiga kelurahan tersebut  betul – betul menghayati peran masing – masing dalam Latihan gladi lapang penanggulangan bencana alam erupsi gunung gamalama,
Turut hadir pada Upacara Latihan Gladi Lapangan Gelar Pasukan tersebut diantaranya, Danrem 152/Baabullah,  Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP,  Danalanal Ternate, Kolonel Mar Ridwan Azis, Kepala BPBD Prov Maluku Utara, Kepala BPBD Kota Ternate, Kepala Basarnas Maluku Utara, Kapolres Ternate, Kepala Dinas Sosial Maluku Utara, Kepala Dinas Sosial Kota Ternate, Para Kasi Korem 152/Baabullah, yang mewakili Danlanud Morotai, Para peserta Latihan dari unsur TNI, Polri, Pemda, Basarnas, FKPPI, Tagana serta tamu undangan. (Penrem152).
Previous articleJokowilah yang Mengatur Penangkapan Johny Plate dan Yassin Limpo?
Next articlePIJAR: KIM Harus Akomodasi Aspirasi Milenial Gen Z, Prabowo-Gibran
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.