Home Berita AN SD Ukur Literasi, Numerasi, dan Pendidikan Karakter

AN SD Ukur Literasi, Numerasi, dan Pendidikan Karakter

Sumbawa Besar, sumbawanews.com – Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Sekolah Dasar (SD), fokus pada bagaimana literasi, numerasi, dan pendidikan karakter anak. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dikbud Sumbawa, M Husnul Alwan, Rabu (20/03).

“Itu yang kita nilai nanti. Jadi AN sekarang tentang mengukur literasi, numerasi dan karakter anak. Itu yang diukur. Sehingga menjadi sebuah rapot pendidikan. Jadi kita fokus pada itu,” jelasnya.

Baca Juga: Soal Narkoba di Kalangan Pelajar, Dikbud Harap Kerjasama Seluruh Pihak

Menurutnya, Literasi dapat diihat melalui rapot pendidikan di masing-masing satuan. Rapor tersebut menjabarkan indeks literasi, numerasi dan pendidikan karakter anak.

“Karena standar kompetensi pendidikan kita, sesuai dengan Permendikbud. Bahwa ada tiga yang dilihat, yakni literasi, numerasi, dan pendidikan karakter,” jelas dia.

Untuk mewujudkannya, beberapa telah dilakukan untuk peningkatan mutu. Seperti membentuk kelompok belajar komunitas belajar di masing-masing satuan Pendidikan. “Disitulah guru kepala sekolah melaksanakan musyawarah-musyawarah bagaiman pengembangan satuan Pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, juga dibentuk Kelompok Kerja Guru (KKG). “Itu kita optimalkan sehingga bisa tercapai program-program tersebut,” tambah dia. (Using)

Previous articleWujudkan Sinergi Pengamanan Laut Nusantara, Bakamla RI Gelar Patroli Bersama Tahun 2024
Next articleAspers Panglima TNI Buka Rakornisset TNI Tahun 2024
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.