Genset Mini – Fleksible, Hemat Energi, Ramah Lingkungan, dan Berkualitas

Genset Mini – Fleksible, Hemat Energi, Ramah Lingkungan, dan Berkualitas

SHARE

Semakin banyak yang membutuhkan genset, kini harga genset murah baik untuk yang dijual maupun disewakan pun banyak pilihannya. Dari berbagai merk, ukuran, serta berbagai kapasitas. Masing-masing tentu memiliki keunggulan dan kekurangan. Namun, secara umum, dari segi kelebihan dan kekurang tersebut tidak jauh berbeda.

 

Secara umum, fungsi genset yaitu untuk menggantikan sumber listrik yang dialirkan PLN ke tempat kita ketika alirannya dipadamkan. Harus diakui, tanpa listrik berbagai kegiatan rumah tangga akan sangat terganggu. Mulai dari kegiatan menyedot air menggunakan jetpump, mencuci menggunakan mesin cuci, menanak nasi menggunakan rice cooker, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang bisa terhambar karena kini sebagian alat rumah tangga tersebut menggunakan listrik.

Bagi kegiatan lain, dalam dunia kerja juga bisa sangat mengganggu. Menghidupkan komputer harus menggunakan listrik, baterai laptop atau handphone habis juga perlu di charge. Hingga, dalam skala besar seperti industry, perkantoran, atau penggunaan di tempat lain yang jika listriknya mati bisa berdampak besar pada keuntungan atau hal lainnya harus bisa mencegah hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, gendet pun hadir. Jadi, walaupun PLN melakukan pemadaman sementara, kegiatan tetap bisa berjalan dengan semestinya.

 

Instalasi yang cukup sederhana menjadi kelebihan dari genset yang membuat penggunaannya mudah. Sedangkan untuk kekurangannya, genset mengharuskan kita mengisi bahan bakar. Namun, tergantung gensetnya, ada yang jenis bahan bakarnya mahal ada juga yang murah. Semakin sering menggunakannya, otomatis pengeluaran akan semakin bertambah.

Keunggulan Genset Mini Dibandingkan yang Biasa

Secara khusus, dari segi ukuran, genset mini merupakan genset yang dinilai lebih unggul. Jenis genset ini portable, bisa dibawa kemana-mana ketika kita melakukan acara di luar rumah, seperti saat berkemah. Kapasitasnya tidak terlalu besar, namun mencukupi. Jenis genset ini tidak memakan tempat, beratnya juga ringan, dan lebih ringkas. Selain fleksibilitas tersebut, karena kapasitas dayanya yang lebih kecil, tentu penggunaan bahan bakar pun akan lebih hemat, emisi yang dihasilkan lebh rendah termasuk dari polusi suara dimana biasanya genset besar sangat berisik. Hal tersebut akan kita rasakan tanpa harus mengurangi kualitas listrik yang dihasilkannya. ***

 

SHARE
Admin Sumbawanews