SHARE

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan tinggi 3726 mdpl. Terdapat di Lombok, Nusa Tenggara Barat.Gunung ini termasuk gunung favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Terdapat kaldera yang luas dan juga danau segara anakan yang banyak terdapat ikan mujaer dan ikan mas sehingga tak jarang banyak pendaki yang memancing disana.
Hari 1
Pendakian kali ini berangkat dari Surabaya menaiki pesawat pada jam 07.05. Tim “Power Rangers” berjumlah 5 orang. Aku, Tonny, mas Malik, Made dan Suhartono. Kami sampai di Lombok pada pukul 09.00 WITA dan langsung melanjutkan perjalanan ke basecamp Sembalun dengan menyewa mobil seharga Rp.500.000. Perjalanan ke Sembalun kurang lebih 3 jam.

Untuk memulai pendakian dari pos pendaftaran akan berjalan sekitar 1 kilometer. Di sekitar jalur ada beberapa warung dan juga toko untuk mengisi logistik. Guide dan Porter bisa dicari disini.

Trek awal pendakian melewati persawahan dan ladang penduduk, sejauh mata memandang hanya perbukitan, padang rumput yang dikelilingi oleh pegunungan. Perjalanan sampai di pos 1 hanya melalui padang rumput yang panas dengan jalur yang tidak terlalu menanjak. Pos 1 semakin dekat jika sudah melewati jembatan yang menunjukkan arah ke pos 1.
Dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu yang lama dengan trek yang masih sedikit menanjak dan melewati rerimbunan pohon yang bisa digunakan untuk beristirahat dari panas yang terus menyengat. Ada beberapa shelter yang bisa digunakan untuk melepas lelah di tengah padang yang luas.
Pos 2 berada di dekat jembatan dan di pos ini bisa digunakan untuk camp karena lokasinya yang luas dan datar. Ada sebuah toilet umum di lokasi, itu dibuat karena jalur dari awal hanya berupa padang savana.

Hari 2
Pendakian dari pos 2 ke Plawangan lumayan jauh dan sangat menguras tenaga. Trek terus menanjak dengan medan tanah padat bercampur batu besar. Untuk ke Plawangan harus melewati 7 bukit yang teduh namun sangat melelahkan. Dalam pendakian yang menanjak akan ada shelter di dekat gua yang lokasinya ada di atas sungai untuk tempat beristirahat. Lokasi ini cukup teduh dan banyak terlihat kera berkeliaran di sekitar gua. Setelah itu jalur pendakian masih tetap dengan jalur menanjak berupa tanah padat. Trek menuju ke Plawangan berupa trek yang teduh karena membelah bukit di antara pepohonan lebat.
Plawangan adalah pos terakhir sebelum summit. Segara anakan akan tampak di depan dan jika melanjutkan berjalan naik ke arah kiri, puncak Rinjani tampak menjulang dengan lerengnya yang indah. Disana ada sumber air dimana harus turun ke sumber air, jadi setelah sampai di Plawangan, berlanjutlah naik ke arah kiri.

ari 3
Summit lebih baik dilakukan pada dini hari untuk mendapat sunrise. Pendakian ke puncak awalnya masih dengan tanjakan yang biasa dan berpasir padat berbelok-belok. Jalur tanah padat yang panjang, merupakan batas vegetasi dengan pepohonan, disini angin kencang berhembus bercampur dengan dingin dan rawan dengan badai malam. Bebatuan jarang ditemukan untuk berlindung dari badai malam, namun semakin naik ke atas, bebatuan yang cukup panjang dan lebar bisa untuk berlindung dari badai malam.

Selanjutnya trek berupa trek berpasir dengan pasir yang lebih tebal dari sebelumnya. Trek berpasir ini cukup panjang dan melelahkan. Ada dua tikungan yang harus dilalui untuk menuju puncak. Disini pemandangan bebatuan lereng Rinjani tampak indah. Bunga Edelweis tumbuh di lereng sebelah kiri sementara Segara anakan tampak di sebelah kanan, diapit lereng Rinjani yang tampak mempesona.

Tidak dibutuhkan waktu lama untuk kembali ke Plawangan. Trek berpasir memudahkan untuk turun lebih cepat, walaupun sangat berdebu. Untuk turun via Senaru, perjalanan akan dilanjutkan turun ke Segara Anakan. Ada jalan turun di Plawangan yang akan mengantar ke Segara Anakan. Jalur turun ini cukup curam, berupa bebatuan besar menuruni bukit dengan pepohonan lebat. Setelah sampai di bawah bukit, jalur akan semakin landai, menandakan hampir tiba di Segara Anakan.

Hari 4
Danau segara anakan dengan ketinggian 2.010 mdpl menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda karena pemandangan indah danau cukup bisa menyegarkan mata. Pendaki biasanya memancing, mandi, memasak dan mencari air disini. Ada sumber mata air di sekitar danau dan ada juga sumber air panas yang biasanya digunakan pendaki untuk membersihkan diri.

Perjalanan turun melewati jalur Senaru memang harus turun ke Danau Segara Anakan, lalu kembali naik melewati bukit yang membatasi danau. Perjalanan melipir tebing adalah trek yang paling melelahkan karena harus kembali naik lagi untuk turun. Medannya berupa batu-batu besar dengan pagar besi panjang untuk pembatas. Dan ketika sampai di atas, maka akan tampak bukit lagi yang harus didaki. Pemandangan di sekitar perjalanan akan membayar semua kelelahan hingga sampai ke puncak bukit terakhir. Sampai di puncak bukit terakhir akan tampak bukit Teletubbies, di lokasi yang dipenuhi bebatuan dan rumput ini bisa untuk mendirikan tenda. Untuk perjalanan turun, harus berjalan ke kanan, melipir dinding bukit sebelum turun menuju ke sebuah shelter.

Perjalanan turun cukup curam, untuk menuju ke pos 2 Senaru jalur dikelilingi oleh pepohonan besar dan harus melewati akar-akar pohon yang membentang di sepanjang jalur. Di Sepanjang pos bisa didirikan tenda karena lokasinya yang teduh dan luas. Pendakian ke Rinjani bisa juga dimulai dari jalur Senaru dengan medan tanah padat yang teduh.

Hari 5
Perjalanan turun ke basecamp Senaru jalur sudah landai dan menurun. Dari pos 2 hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di pintu masuk Senaru. Di pintu Senaru ada warung dan gubuk yang cukup luas untuk melepas lelah dan mengisi perut sebelum atau sesudah pendakian.
Itinerary
Bhandara Lombok – Basecamp Sembalun : 3 jam
Basecamp Sembalun – Pos 2 : 4,5 jam
Pos 2 – Plawangan : 8 jam
Plawangan – Puncak : 6 jam
Puncak – Plawangan : 2,5 jam
Plawangan – Segara Anakan : 4 jam
Segara Anakan – Pos 2 Senaru : 14 jam
Pos 2 Senaru – Basecamp Senaru : 1 jam

———————————-
Nama : Priska Arhadita
Tempat/Tanggal lahir : Blitar, 17 Mei 1991
Alamat : Jl. Nias no.10a
Kec. Sananwetan Blitar – 66131
No.Telp : 081333194847
E-mail : priska_cr@yahoo.co.id
Blog : www.manusialembah.blogspot.com
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Hobby : Membaca, Menulis, Travelling, Hiking,
Tinggi / Berat Badan : 157 cm / 40 kg
Jenis Kelamin : Wanita
Status : Belum Menikah
Agama : Katolik

SHARE
Admin Sumbawanews