Agal, Salah Satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Berada di Sumbawa

Agal, Salah Satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Berada di Sumbawa

SHARE

Sumbawanews.com.- Pulau Sumbawa yang merupakan salah satu pulau utama dalam provinsi Nusa Tenggara Barat adalah pulau yang tidak terlalu banyak dikenal khususnya dalam dunia pariwisata. Namanya tidak setenar pulau Lombok, yang notabene adalah pulau tetangga yang masih dalam satu bingkai dalam propinsi NTB. Luas Pulau Sumbawa hampir sama dengan 3 kali luas pulau Lombok, terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Dari ke 4 Kabupaten yang ada di pulau Sumbawa, belum ada satupun Kabupaten yang menjadikan Pariwisata sebagai Leading sector dalam meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata dengan memanfaatkan potensi potensi keindahan alam yang ada, dan Kabupaten Sumbawa adalah salah satunya.

Kurang gencarnya promosi, dan keseriusan pemerintah lokal dalam membangun pariwisata di pulau Sumbawa menjadikan semua daerah di pulau Sumbawa sepi aktivitas kepariwisataan, Tapi jika bicara potensi, pulau Sumbawa tak kalah menariknya. Pesona alamnya yang tak terjamah bak permata yang tersembunyi.
Di beberapa daerah di Indonesia, air terjun telah menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Ada yang sudah mainstream, namun tetap diminati, karena memang memiliki keindahan dan kelebihan yang mampu menarik siapapun untuk datang mengunjunginya. Mungkin anda sudah mengenal beberapa nama dan lokasi air terjun tertinggi dan terindah di Indonesia, seperti Air Terjun Sipiso piso di Sumatera Utara, Air Terjun Gojogan Sewu di jawa Tengah, Air Terjun Sendang Gile di Lombok Utara dan lain-lain.

Disamping sisi keindahannya, air terjun adalah merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi dan bermanfaat bagi penyegaran pikiran.
Di Kabupaten Sumbawa terdapat banyak air terjun yang indah yang menghiasi lembah lembah pegunungannya. Beberapa diantara tempat tempat menarik tersebut sulit dijangkau kecuali anda adalah pecinta wisata alam atau Hiking. Ada yang membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki, hingga 4 sampai dengan 6 jam menembus rimba raya.

Keterasingan dan keliaran alam Sumbawa sebenarnya menawarkan sensasi baru bagi anda yang menyukai petualangan, dan menemukan tempat tempat menarik di luar jalur biasanya yang sudah mainstream atau terkenal. Petualangan ke beberapa tempat yang tersembunyi tersebut ibarat menemukan serpihan surga yang menakjubkan.

Dan kali ini, kami akan mengajak anda untuk mengenal salah satu Air Terjun terindah yang ada di Kabupaten Sumbawa, untuk menambah daftar panjang air terjun tertinggi dan terindah yang ada di Indonesia.
AGAL

Agal adalah salah satu diantara sekian banyak pegunungan yang menyimpan potensi yang luar biasa di Kabupaten Sumbawa. Terdapat di Kecamatan Alas, kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar atau 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.

Gunung Agal termasuk salah satu kawasan gunung terindah yang ada di Kabupaten Sumbawa, berdiri kokoh sejajar dengan gunung indah lainnya seperti Seketok dan Sebra.

Gunung ini termasuk kawasan hutan lindung, dan menjadi Sumber mata air bagi beberapa desa yang ada disekitarnya, seperti desa Marente yang berjarak kurang lebih 6 kilometer dari ibukota Kecamatan Alas. Ini adalah desa terdekat untuk menuju kawasan gunung Agal.

Hutan rimba yang tak terjamah membuat gunung Agal tampak biru jika dilihat dari kejauhan, hanya beberapa pencari Madu Sumbawa, atau pemburu tradisional yang sering memasuki kawasan tersebut.

Tapi siapa mengira bahwa Agal ternyata menyimpan permata indah, serpihan surga, daya tarik yang luar biasa. 2 Jam berjalan kaki mendaki punggungnya, menembus hutannya yang hijau dan selalu tampak basah, kami menemukan Air terjun yang menakjubkan. Air putih yang mengalir dari sungai diatasnya membelah puncaknya menjadi dua bagian, sangat curam dan vertikal, menghempas batuan batuan besar lalu mengaliri sungai di lembahnya.

Tingkat bawah air terjun Agal, Foto: Ayo Kesumbawa
Tingkat bawah air terjun Agal, Foto: Ayo Kesumbawa

Tingkat bawah air terjun Agal

Ada 10 tingkat air terjun yang kami temukan, mulai dari ketinggian 3 meter hingga 10 meter, 7 tingkat pertama adalah air terjun kecil yang tampak seperti tangga tangga putih, kemudian 3 tingkat terakhir lebih tinggi dan terlihat lebih indah. Jika di taksir dari tingkatan terbawah, air terjun Agal memiliki ketinggian kurang lebih 300m.

Untuk menuju ke tempat yang lebih tinggi dan mendapatkan sudut terbaik untuk mengabadikan keindahannya air terjun ini, anda harus melewati jalur hutan yang sedikit menantang kurang lebih selama 15 menit. Dari sana anda bisa melihat dengan jelas air putih yang terjun dari ketinggian. Jika anda mendongak dan memandang puncaknya, leher anda cukup terasa pegal.
Air Terjun Utama (Agal)

Air Terjun Agal hanyalah satu diantara sekian banyak air terjun indah tak terjamah yang ada di Kabupaten Sumbawa, Kepuasan batin dalam memenuhi selera berkelana anda tersimpan alami disana.

Air Terjun Agal adalah awal dari semua cerita menarik tentang potensi potensi tak dikenal yang ada dikawasan Gunung yang di duga sebakai bekas Gunung Api Purba di pulau Sumbawa. Atmosfer keterasingan akan membuat anda merasakan ketakjuban yang luar biasa. Disana juga ada Air terjun Seketok di gunung Seketok, dan Air Terjun Sebra di gunung Sebra. Jika Agal dalam photo ini terlihat tinggi dan menakjubkan dalam pandangan anda, Maka Seketok dan Sebra lebih dari itu.
Kedua tempat tersebut akan menjadi kejutan selanjutnya dari Sumbawa .
Penasaran..? AYO KE SUMBAWA !!!