Ekspresi

Ekspresi

SHARE

Bloknota Aktivitas Kreativitas

A.Kohar Ibrahim

(2)

Ekspresi

EKSPRESI, pengungkapan, pernyataan diri berupa hasil aktivitas-kreativitas seni merupakan kelanjutan dari awal bermulanya rasa keinginan tahu. Keinginan tahu yang berkelanjutan dengan mencari tahu, dengan cara langsung melakukan observasi atau pengamatan hal ihwal atau apa yang terjadi di sekitar. Atau pun dengan cara tak langsung melalui bahan yang dikaji, dibaca, dilihat dan didengar.

Untuk berekspresi atau mengekspresikan diri dalam karya tulis tentulah dengan menggunakan sarana bahasa dan teknik komposisi atau penyusunan naskah dengan rangkaian kata selaras macam bentuk tulisan sarat isi yang hendak disampaikan.

Jika dalam karya tulis sarananya adalah bahasa atau rangkaian kata-kata, dalam karya lukis adalah warna dengan ragam macam sekalian nuansanya.

Kedua macam bentuk ekspresi seni tulis pun seni lukis memiliki keumuman maupun kekhasannya masing-masing. Keumuman-kekhususannya baik dalam bentuk maupun isi, juga dalam gaya atau aliran yang dibawakannya.

Dan juga ada keumuman dan kekhasannya dalam hal sarana bagi penampilan, penyebaran atau penyampaiannya kepada publik. Dengan segala macam problematikanya masing-masing pula. Terutama problematika yang berkaitan dengan ragam macam kekuasaan – baik resmi maupun yang tak resmi, individual maupun kolektif atau kelembagaan.

Ekspresi atau hasil karya seni adalah terutama sekali hasil kreasi individu – meskipun tak bisa lepas dari saling kaitannya dengan individu-individu atau grup individu lainnya.

Oleh karena ekspresi itu adalah ekspresi individu, maka sang individu secara naluriah memerlukan kebebas-merdekaan dalam melakukan aktivitas-kreativitasnya. Meskipun, di ruang dan kurun waktu tertentu, kebebas-merdekaan itu sendiri harus direbut atau diperjuangkan demi eksistensinya.

Perjuangan demi kebebas-merdekaan berekspresi itu teriring segala konsekwensi sekalian dampaknya : dari yang ringan sampai yang paling berat berupa pengucilan, pembinasaan psikik maupun fisik, termasuk hasil karya ekspresinya.

Dari berbagai data tanda bukti perjalanan hidup kehidupan beraktivitas-kreativitas, dari hasil kreasi ekspresi, bisalah kiranya diketahui bagaimana sikap-pendirian dan kapasitas sang penulis atau pelukis atau seniman bersangkutan. ***

SHARE
Admin Sumbawanews