Andre Surya, Animator Indonesia Dibalik Kesuksesan Transformers

Andre Surya, Animator Indonesia Dibalik Kesuksesan Transformers

SHARE
Andre Surya

Sumbawanews.com.- Tak banyak yang tahu, ada orang Indonesia yang ikut andil dalam pembuatan film Hollywood, Transformers. Andre Surya namanya. Dia orang Indonesia pertama yang menjadi bagian tim digital artist perusahaan efek visual komputer tiga dimensi Industrial Light and Magic (ILM) LucasFilm cabang Singapura.

Ketika bergabung di sana, ia banyak terlibat proyek-proyek mentereng seperti Iron Man, Terminator Salvation, dan juga Star Trek. Andre bertugas memanipulasi lighting alias pencahayaan agar robot-robot di film itu kelihatan asli.

Pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 ini sempat meniti karir selama empat tahun di Singapura. Andre juga berpetualang sampai Kanada selepas lulus SMA pada 2004.

Andre mengaku beruntung bisa merasakan pola kerja yang berbeda-beda dengan sutradara kenamaan Amerika. Ia mengatakan, ada sutradara yang sangat cerewet menginginkan adegan tertentu tanpa boleh melenceng. Namun di sisi lain, ada pula sutradara seperti Michael Bay yang memberikan keleluasaan bagi digital artist sepertinya untuk sedikit berimprovisasi.

Ketika bergabung dengan LucasFilm yang berdiri sejak 1971 itu, Andre baru berusia 22. Dia menjadi pegawai termuda di perusahaan milik penemu efek visual kenamaan George Lucas yang tenar berkat seri Star Wars itu. Ia mengenang tahun-tahun pertama sangat berat karena kebanyakan rekannya sesama digital artist sudah berumur dan sangat mahir dalam rekayasa digital. Tapi semua itu tidak menjadi masalah karena kegemarannya akan 3D.

Kini, setiap kali menonton film yang memiliki efek visual atau animasi, otomatis kepala Andre akan memikirkan bagaimana orang-orang di belakang layar bekerja keras memanjakan mata penonton. Lalu apa kepuasan terbesarnya? Yakni saat ia melihat namanya sendiri muncul di kredit film, ujarnya.

Kerja keras Andre dalam mencapai kesuksesan patut ditiru. Kini keharuman namanya tak hanya dirasakan oleh Indonesia, tapi juga dunia.(CBI/tn02)

SHARE
Admin Sumbawanews