Alasan Sepele Yang Menyebabkan Usaha Kita Jadi Bangkrut

Alasan Sepele Yang Menyebabkan Usaha Kita Jadi Bangkrut

SHARE

Bangkrut adalah hal yang sangat ditakutkan oleh para pengusaha, dan juga oleh suatu perusahaan, disebabkan karena kinerja perusahaanya atau keadaan usaha yang dimilkinya mengalami masalah besar, salah satunya dalam masalah keuangan. Suatu usaha yang maju adalah yang memiliki catatan keuangan yang jelas dan transparan. Untuk melihat suatu usaha atau suatu perusahaan ini mengalami keuntungan atau kebangkrutan, memang sering dilihat dari laporan keuanganya, dan pihak auditor biasanya yang memeriksa masalah ini.

Jika berkunjung ke Jakarta, biasanya di komplek perumahan yang cukup mewah, banyak rumah-rumah besar yang sepi, alias tidak ada penghuninya. Rumah besar tersebut bertuliskan Rumah dijual Jakarta ini mungkin merupakan salah satu alasan pemilik rumah atau orang tersebut mengalami kebangkrutan dalam usahanya karena tidak mempersiapkan rencana yang jelas untuk perkembangan usahanya. Saat mengalami kebangkrutan, para pengusaha di Jakarta mungkin menggunakan asset ini untuk menutupinya.

Perencanaan dalam segala hal sangat penting, termasuk dalam hal bisnis. Memiliki perencanaan yang matang dan juga terstruktur akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, sesuai dengan yang ditargetkan. Dalam urusan berbisnis juga perencanaan sangat diperlukan. Misalnya kita akan memulai usaha kedai kopi yang saat ini sedang menjamur di wilayah perkotaan, jika kita memiliki perencanaan yang matang dan terstruktur, bukan tidak mungkin kita akan bersaing dengan usaha sejenis dan tentunya memilki keuntungan yang cukup baik. Beda hal nya dengan memulai bisnis tanpa sebuah perencanaan, selain membuang-buang waktu, target yang diinginkan tidak bisa tercapai.

Jika anda ingin mulai berbisnis dan juga melebarkan bisnis anda di masa depan nanti, silahkan lakukan perencanaan dengan sangat baik untuk kedepanya. Jika merasa kesulitan, anda dapat menghubungi orang atau konsultan yang memang expert di dunia bisnis saat ini. Dia akan sangat mengerti bagaimana seharusnya membuat perencanaan bisnis yang matang, baik itu bisnis dalam skala kecil maupun bisnis dalam skala besar.

Kebangkrutan bisa terjadi karena hal sepele, hal yang dianggap kecil namun lama kelamaan menjadi besar dan efeknya mengakibatkan kebangkrutan pada usaha kita, hal sepele seperti apa yang akan menyebabkan bangkrutnya usaha kita, berikut penjelasanya yang dikutip dari artikel.web.id:

 

Hutang

Ini lah salah satu hal sepele yang berefek besar nantinya pada bisnis kita. Terkadang hutang di dalam dunia usaha ini sangat wajar, mengingat keuntungan yang didapat diprediksi akan bisa menutupi hutang tersebut. Namun hal ini justru tetap harus diwaspadai. Hutang memang membantu mengembangkan usaha miliki kita, namun hutang juga merupakan boomerang yang akan menyerang kita sewaktu-waktu. Sebaiknya saat memiliki hutang baik dalam jumlah yang kecil maupun besar, segera lunasi dalam waktu yang cepat. Jangan tunggu adanya penumpukan hutang, karena hal tersebut yang akan membuat usaha kita akhirnya mengalami gulung tikar.

 

Omset

Omset dalam dunia bisnis, seperti menjadi tolak ukur apakah bisnis yang berjalan ini sukses atau kurang sukses. Ketika suatu usaha berhasil menembus omset yang besar, walaupun di dalamnya penuh dengan penumpukan hutang, mungkin para pengusaha akan sangat senang, namun dalam bisnis hal yang paling penting adalah Profit. Jika omset memang naik, namun profit yang didapat nihil, maka usaha ini bisa dikatakan bermasalah. Sebaiknya selalu berorientasi pada keuntungan, jangan terlalu melebih-lebihkan omset, apalagi untuk pengusaha pemula yang baru saja hendak menjalankan bisnisnya.

 

Rekan Bisnis

Sepertinya rekan bisnis ini tidak ada hubunganya dengan hal yang sedang dibahas pada artikel ini, namun ternyata hal sepele ini bisa jadi masalah saat adanya bisnis yang terjadi karena “join” atau gabungan dari beberapa orang rekan anda bersama anda membangun sebuah bisnis. Biasanya masing-masing akan berinvestasi sebagai modal awal usaha yang akan dirintis. Masalahnya akan timbul jika suatu saat dalam bisnis ini terjadi perbedaan pendapat mengenai perkembangan bisnis, yang tidak jarang membuat sebuah usaha menjadi tidak jelas dan akhirnya bangkrut.

 

Tergoda dengan Bisnis lain

Sebaiknya anda selalu fokus dalam mengembangan satu usaha, hingga berkembang dan berhasil. Jangan tergoda dengan jenis usaha lain yang terlihat menjanjikan dibanding usaha anda saat ini. Belum tentu bisnis baru tersebut sesuai dengan passion anda. Hal sepele seperti ini juga bisa membuat bisnis anda bangkrut.

Setelah mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan kebangkrutan terhadap bisnis anda, sebaiknya anda menghindari beberapa hal tersebut yang memang memiliki resiko yang tinggi yang bisa menyebabkan bisnis anda bermasalah dan menuju kebangkrutan. Anda yang memiliki usaha di kota besar seperti Jakarta, tidak perlu lagi menuliskan Rumah dijual di Jakarta pada rumah anda, sebaiknya jadikanlah rumah tersebut sebagai asset untuk ditinggali selama bisnis yang anda geluti sedang berjalan. Semoga bermanfaat. (NN)

 

 

 

SHARE
Admin Sumbawanews