Home Blog

Aktivis Pijar 98 Bongkar Kebohongan Hasto Kristiyanto

Jakarta, sumbawanews.com.- Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto melakukan kebohongan publik dengan menyebut algoritma sudah mendesain angka 17 persen untuk suara Ganjar-Mahfud. Selama ini saat Pilpres 2024 ada saksi dan ditonton masyarakat saat penghitungan suara sehingga bisa dilihat dan tidak ada rekayasa kecurangan.

“Rakyat bertanya-tanya bagaimana caranya itu kunci algoritma yang disebut Hasto karena sekarang media sosial yang terbuka siapapun bisa ngecek, foto langsung di TPS dan di-share. Punya saksi juga. Sekarang kayak dibilang kecurangan sedangkan selisih suara juta. Gimana caranya mencurangi suara segitu banyak 50 juta. Katakanlah misalnya di TPS ditambahin 100 suara. Semua orang nonton di TPS bukan cuma saksi-saksi tapi masyarakat juga nonton. DI bawah aman-aman aja kan enggak ada keributan,” kata aktivis Pijar 98 Sulaiman Haikal dalam podcast baru-baru ini.

Haikal mengungkapkan, ada di suatu daerah yang terkendala teknis dan dilakukan pemilihan ulang dan pemenangnya tetap Prabowo-Gibran.

“Ada kendala teknis kemudian diulang, justru suara Prabowo-Gibran yang menang. Justru sebaliknya mereka yang melakukan kecurangan. Kita punya rekaman misalnya di Majalengka, Wonosobo kemudian keterlibatan kepala daerah di Sorong Papua begitu pula di Malaysia juga ada sudah tercoblos suara Ganjar jadi ya inilah mungkin yang dibilang maling teriak maling ini gak siap kalah,” papar putra ulama kharismatik Allahuyarham KH Hasyim Adnan Alhafidz.

 

Haikal mengungkapkan, Harun Masiku menjadi korban gerombolannya Hasto karena diminta menyuap untuk lolos menjadi anggota DPR.

 

“Hasto bilang Harun Masiku itu korban. Saya sepakat sama dia Harun masuk korban gerombolannya Hasto. Harun Masiku sudah menyiapkan uang untuk menyuap. Sekarang ini Harun Masiku masih hidup atau ngak,” paparnya.

 

Di era SBY, kata Haikal, buronan koruptor Nazaruddin yang lari ke Kolumbia bisa ditangkap. Namun saat PDIP berkuasa tidak bisa menangkap Harun Masiku.

 

Hasto mengklaim PDIP paling bersih dan punya catatan melawan Orde Baru. Padahal ada aktivis dan gerakan rakyat yang punya jasa besar dalam menumbangkan Rezim Soeharto.

 

“Padahal kita ketahui parpol ini kotor permainannya di parlemen maupun dalam merebut elektoral dengan main uang dan sebagainya. PDIP itu paling jelas main uangnya bahkan tidak segan-segan membagikan uang di TPS, TPS para calegnya,” tegasnya.

 

Haikal mengkritik keras Megawati dan PDIP yang tidak pernah mengurus korban peristiwa 27 Juli 1996.

“PDIP sering memutarbalikkan fakta peristiwa 27 Juli 1996. Waktu Megawati presiden pernah ngak tuh diurus tuh korbannya. Sutiyoso yang saat peristiwa 27 Juli menjadi Pangdam Jaya justru dijadikan PDIP menjadi Gubernur DKI Jakarta,” pungkas Haikal.

Babinsa Koramil Mapurujaya Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Rumput Kanan Kiri Jalan

Timika, sumbawanews.com – Guna menumbuhkan semangat gotong-royong dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kondisi ruas kanan-kiri jalan yang ditumbuhi dengan rumput liar dan banyaknya sampah membuat pemandangan sekitar jalan menjadi kelihatan kurang terpelihara kebersihannya.

Seperti yang dilakukan oleh personel Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya, Serma Fajar beserta tiga anggota Babinsa bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan ruas kanan kiri jalan dan parit di Kampung Tipuka, Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika, Selasa (19/3/2024).

Serma Fajar mengatakan kegiatan karya bakti ini dilaksanakan karena kondisi parit dan bahu/ruas jalan ditumbuhi rumput serta semak yang menjalar ke bahu jalan sehingga parit tersumbat, mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan. Selain itu juga sebagai upaya agar masyarakat selalu peduli dan memupuk jalinan kerjasama yang baik dengan Babinsa guna semakin kuat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kegiatan gotong-royong ini merupakan sarana kebersamaan antara anggota Babinsa dan warga wilayah binaan demi membantu tercapainya kenyamanan desa serta kebersihan desa binaan,” ujarnya.

“Dalam kegiatan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi Babinsa untuk bisa memelihara hubungan yang baik bersama warganya. Salah satunya melalui karya bakti dan bergotong royong bersama masyarakat binaan, agar tercipta Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ungkapnya. (Pen Kodim 1710/Mimika)

Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso

Ambon – Hendak membuka Patroli Bersama Tahun 2024, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla beserta rombongan tiba di Ambon dan disambut dengan tarian khas daerah Tari Lenso, Ambon, Selasa (19/3/2024).

Kedatangan Kepala Bakamla RI dijemput oleh Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam Endrasmoro, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Wakil Polda Ambon Brigjen Pol Stephen M. Napiun dan Forkopimda setempat.

“Kedatangan Kepala Bakamla RI tiba di Ambon siang hari ini dan rencana akan melaksanakan beberapa kegiatan selama di Ambon, terutama Pembukaan Patroli bersama Tahun 2024,” ujar Pranata Humas Ahli Madya Kolonel Bakamla Gugun S. Rachman.

Diketahui bahwa selama di Ambon, Kepala Bakamla RI diagendakan melakukan kegiatan peninjauan Lahan Mako dan Puskodal Zona Bakamla Timur, Kantor Zona Bakamla Timur, Pangkalan Bakamla Ambon, Stasiun Bakamla Ambon serta Pembukaan Patroli Bersama 2024 yang akan dilaksanakan hari Rabu (20/3).

Turut serta mendampingi Kepala Bakamla RI yakni Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla Andi Abdul Aziz, S.H., M.M., Kazona Bakamla Barat Laksma Bakamla Rakhmawanto, S.E., M.Si.(Han)., CRMP., Kazona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., Kazona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam Endrasmoro, Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI Laksma Bakamla Rudi Parulian Simorangkir, S.E., Direktur Operasi Udara Maritim Bakamla RI Laksma Bakamla Bambang Somantri, S.I.P., M.Si., dan Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Basri Mustari. (Humas Bakamla RI)

Inilah Tanggapan Positif Warga Masyarakat Desa Selumbung Dengan Adanya TMMD Ke-119 Kodim 1623/Karangasem

Karangasem, sumbawanews.com – Meskipun TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1623/Karangasem TA. 2024 belum resmi ditutup, namun berbagai tanggapan positif mengalir dari beberapa warga Desa Selumbung khususnya wilayah Dusun Bukit Catu, yang merupakan lokasi berlangsungnya program TMMD ini.

Anggota Satgas TMMD Peltu I Kadek Suadnyana yang kebetulan sedang keliling di salah satu sasaran fisik, tepatnya lokasi pengerasan jalan bertemu dengan salah satu warga di lokasi, sudah barang tentu obrolan keduanya tidak jauh terkait program TMMD ke-119 Kodim 1623/ Karangasem yang sebentar lagi akan resmi ditutup. Selasa (19/03/2024).

Seperti apa yang di sampaikan oleh salah satu warga masyarakat bahwa inti dari percakapan tersebut adalah, program TMMD ke-119 Kodim 1623/Karangasem mampu merubah Desa Selumbung menjadi lebih baik dalam banyak hal, salah satunya insfrastruktur jalan.

“Dengan telah selesainya pembangunan jalan onderlagh di berbagai titik, salah satunya penghubung dua desa sepanjang 4 Km, maka masyarakat Desa Sukorahayu sudah bisa mulai menikmatinya,” tutur Sekdes.

“Dulu keluhan yang sangat dirasakan warga ketika musim hujan pokoknya gak bisa dijelaskan bagaimana susahnya lewat jalan ini, namun setelah ada pembangunan dari program TMMD ini sangat-sangat membantu karena akses keluar masuknya kendaraan masyarakat dalam mengangkut hasil panen akan lebih mudah, dengan mudahnya akses ini mudah-mudahan perekonomian masyarakat akan meningkat,” imbuhnya.

“Selanjutnya saya mewakili masyarakat Desa Selumbung mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI khususnya Satgas TMMD 119 Kodim 1623/Karangasem, semoga diberi keselamatan dalam bertugas dan jaya selalu dimanapun bapak-bapak TNI berada” pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Peltu Kadek Suadnyana bahwa apa yang dilakukan oleh Satgas belum sepenuhnya menyentuh seluruh lapisan masyarakat Sukorahayu. “Meskipun apa yang kami lakukan dari Satgas TMMD ke-119 jauh dari kata sempurna dan belum sepenuhnya menyentuh kepentingan masyarakat Sukorahayu, setidaknya kami sudah memberikan yang terbaik sebagai wujud kepedulian TNI untuk selalu manunggal bersama Rakyat,” ucapnya. (Pen Kodim 1623/Karangasem)

Rajapaksa di Srilanka dan Joko Widodo

oleh: Muslim Arbi Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indonesia Bersatu

Kejadian yang di alami oleh Sri Lanka, di mana Presiden nya Rajapaksa di demo Rakyatnya dan kabur, lalu Istana di duduki.

Rajapaksa gagal urus negara, Hutang numpuk dsn negara terancam bangkrut.

Kejadian dua tahun lalu di Srilanka itu, mirip dengan yang terjadi di sini, saat ini.

 

Indonesia, hutang memupuk, terbesar sepanjang sejarah RI, pemerintahan sebut, hutang 8000 Triliun lebih, padahal DPR melalui Misbakhun, hutang negara saat ini: 20.000 Triliun lebih.

 

Negara terancam bangkrut, maka jangan heran tahun depan pemerintah akan naikkan PPN 12% untuk tutupi hutang negara.

 

Belum lagi saat ini terjadi perlawanan Rakyat di mana-mana. Akibat Pemilu dan Pilpres Curang yang dianggap rakyat curang dan Politik Dinasty dan KKN Joko Widodo yang merusak.

 

Saat ini, Para Guru Besar, Dosen dan Para Mahasiswa di berbagai Kampus mulai lakukan perlawanan atas rusak nya demokrasi, akibat pemilu dan pilpres Curang, rusak konstitusi, rusak moral dan etika kekuasaan penguasa.

 

Rakyat juga terus menerus mendatangi KPU, Bawaslu dan DPR mendesak Di makzulkan nya Joko Widodo dari Kursi nya, karena dianggap langgar sumpah jabatan, UU dan konstitusi.

 

Joko Widodo dinilai melanggar HAM oleh PBB, akibat pemaksaan hak pilih Rakyat kepada calon presiden yang di dukung nya dengan memanfaatkan kekuasaan nya. Melalui Bansos, dan pemaksaan aparatur pemerintahan. Rakyat di perkosa hak-hak demokrasi nya.

 

Tindakan Joko Widodo itu terlihat jelas saat mantan walikota Solo itu, nyatakan Cawe-Cawe untuk bangsa dan negara. Nyatanya Cawe-Cawe Joko Widodo itu hanya kamuflase untuk loloskan anaknya sebagai cawapres.

 

Suatu tindakan yang melanggar norma dan etika kekuasaan, langgar konstitusi dan hak demokrasi Rakyat.

 

Maka, Rakyat mendatangu DPR untuk meminta agar Joko Widodo di berhenti sebagai Presiden, batalkan pemilu yang penuh kecurangan dan diskualifikasi paslon Capres-cawapres yang di dukung nya.

 

Saat ini meski bulan ramadhan, di mana kaum muslim di wajibkan berpuasa, tetapi semangat untuk melakukan perlawanan Rakyat untuk tegakkan kebenaran dan keadilan terus di lakukan.

 

Akan terjadi civil inobedience, perlawanan rakyat civil di seluruh negeri bila pemeriksaan melalui KPU memaksakan mensahkan hasil pemilu dan pilpres curang.

 

Jika terjadi Perlawanan Rakyat Semesta di berbagai pelosok negeri ini, bisa terjadi, nasib Joko Widodo akan sama seperti Presiden Rajapaksa di Srilanka.

 

Apalagi saat ini, kalau Rakyat protes dan lakukan demonstrasi baik di depan Istana, DPR, KPU maupun bawaslu dan demonstrasi di berbagai kota, Joko Widodo pilih tinggalkan Indonesia.

 

Artinya: Joko Widodo lebih memilih melarikan atau menghindar protes dan kritik Rakyat dibanding harus menghadapi nya.

 

Jadi, jika gelombang protes dan perlawanan rakyat semakin massif dan besar, bisa nasib Joko Widodo sama seperti Rajapaksa di Srilanka.

 

Jakarta: 19 Maret 2024

Putin Menangi Pilpres, Ketua KPU Rusia: Ini Angka Rekor

Moskow sumbawanews.com – Ketua KPU Rusia, Ella Pamfilova, Senin (18/03) mengatakan, Hasil pemungutan suara di seluruh negeri lebih dari 76 juta pemilih memilih kepala negara saat ini. Ini juga merupakan angka rekor.

Dikatakan, Pada tahun 2018, secara absolut, 56.426.399 pemilih memilih Vladimir Putin. “Saya ingin menarik perhatian Anda pada fakta bahwa saat ini, ini sangat penting, kami tidak memiliki informasi dari KPU tentang kasus-kasus di mana hasil pemungutan suara dinyatakan tidak sah di TPS tertentu. Ini juga merupakan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata dia.

Baca Juga: Ada 10 Dari Indonesia, Rusia Sebut 13.387 Tentara Bayaran Ukraina dari Berbagai Negara

Dijelaskan, Hasil resmi pemungutan suara akan disampaikan pada pertemuan Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia pada 21 Maret.

Meski belum diumukan resmi, KPU Rusia telah merampungkan hasil perhitungan suara. Dan Vladimir Putin mengungguli dengan telak tiga kandidat lainnya. (Using)

Prancis Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut

Paris, sumbawanews.com – Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis (Ministère de l’Europe et des Affaires étrangères), Senin (18/04) menyatakan, Prancis mengutuk keras peluncuran tiga rudal balistik oleh Korea Utara pada tanggal 18 Maret. Yang merupakan pelanggaran baru terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Baca Juga: Minta Kembali ke Perundingan, Prancis Kecam Peluncuran Rudal Korut

Perancis menjamin Republik Korea dan Jepang akan solidaritas penuhnya. Resolusi tersebut mendesak Korea Utara untuk segera mengakhiri aksi-aksi destabilisasinya, untuk segera mematuhi kewajiban internasionalnya dan kembali ke meja perundingan dengan maksud untuk terlibat dalam proses penghentian program nuklir dan balistiknya secara menyeluruh, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah lagi.

Perancis sepenuhnya dimobilisasi dengan mitra-mitranya, dengan tujuan memastikan implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan dan mendorong dialog antara semua pihak. (Using)

Safari Ramadan Polres Sumbawa Barat Star Dari Masjid Nurul Iman Kecamatan Maluk

Sumbawa Barat , Sumbawanews.com ,- Polres Sumbawa Barat memulai rangkaian kegiatan Safari Ramadhan pertamanya dengan mengunjungi Masjid Nurul Iman yang berada di Jalan Raya Maluk, Desa Pasir Putih, Kecamatan Maluk pada selasa Malam rabu (17/03/2024)

Dalam suasana penuh antusias, Kapolres Sumbawa Barat yang di wakili waka Polres bersama beberapa Pejabat Utama (PJU) Polres Sumbawa Barat disambut oleh pengurus masjid Nurul Iman, serta beberapa tokoh agama dan masyarakat setempat.

Sebelum Solat Taraweh Di lakukan, Wakapolres Sumbawa Barat, Kompol Didik Harianto SH memberikan tausiyah dan pesan kamtibmas kepada jamaah Masjid Nurul Iman. Dalam tausiyahnya, kapolres menyampaikan penghargaan tinggi terhadap kontribusi seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan perdamaian di Kabupaten Sumbawa Barat.

Waka Polres Kompol Didik saat memberikan bingkisan ke Tamir masjid nurul Islam

Lebih lanjut Kompol Didik mengingatkan pentingnya menjaga ketabahan dan ketakwaan kepada Allah SWT di bulan suci Ramadhan, serta memanfaatkan ibadah puasa dan shalat tarawih sebagai ladang amal ibadah.

Tidak hanya itu, Kompol Didik juga menyoroti perlunya pengawasan yang lebih ketat terhadap aktivitas anak-anak, guna mencegah mereka terjerumus ke dalam bahaya berkontribusi terhadap narkoba, serta kegiatan berbahaya seperti balap dan kegiatan yang bisa menimbulkan terjadinya.

” Peran orang tua adalah garda terdepan dalam mengantisipasi anak terjerumus dari pengorbanan narkoba, balap pembohong, l dan tindak kejahatan lainnya, jika terdapat seperti itu warga bisa lansunh melaporkan ke babinkamtibmas yang ada di desa agar segera melakukan penaganan, dan warga juga jangan sungkan sungkan jika bertemu dengan kami untuk menegur kami” kata Pria dengan Satu Mawar di bahunya itu saat memberikan tausiyah.

“Di era informasi zaman modern pada saat ini banyaknya informasi yang tidak valid/Hoax, maka dari itu kami polres Kubu Raya menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu mencari kepastian sumber informasi yang diterima tersebut dan tidak asal dalam menyebarkan informasi yang belum pasti,” tuturnya.

Kegiatan safari ramadhan yang dilakukan jajaran polres sumbawa barat akan menyisisr seluruh kecamatan yang ada di wilayah hukumnya.

“Safara Ramadhan ini kami awali dari kecamatan maluk di masjid nurul iman ini dan esok isya allah akan kami lakukan di kecamatan seteluk dan ke kecamatan lainya yang ada di wilayah hukum polres sumbawa barat,” cetusnya.

Seusai kegiatan solat taraweh berjamaah tersebut Pihak Polres Sumbawa Barat menyerahkan sejumlah binkisan ke takmir masjid nurul iman dan di ahiri dengan doa bersama.

Sidang Lanjutan Kasus Tanah Mabes TNI Jatikarya JPU Hadirkan Ahli Waris Pemilik Tanah Seluas 5.500 m²

Bekasi – Pengadilan Negeri Kota Bekasi kembali menggelar sidang lanjutan Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN.Bks yang digunakan dalam perkara Perdata Nomor 199/Pdt.G/2000/PN.Bks Tanah Mabes TNI di Jatikarya, Bekasi, atas nama terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., dengan agenda sidang Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan saksi yang berinisial “I” sebagai ahli waris dengan kepemilikan tanah atas nama Ancem Bin Amprung dengan luas tanah 5.500 Meter Persegi, bertempat di Ruang Sidang Kartika 1 Lantai II Pengadilan Tinggi Negeri Kota Bekasi Kelas 1A Khusus Jl. Pintu Air, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/3/2024).

Sidang yang digelar secara terbuka untuk umum kali ini dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1 Sorta Ria Neva, S.H., Hakim Anggota 2 Joko Saptono, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heru Saputra , S.H., M.Hum., Suwardi, S.H., dan Pengacara Tersangka diantara: Jhon, S.E., Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L. Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Dalam sidang tersebut, Saksi “I” menjelaskan kepada Majelis Hakim bahwa yang mengurus surat kuasa adalah pamannya atas nama Hamid Bin Amprung. “Saya waktu itu hanya tinggal tanda tangan saja, tidak tahu apa isi surat kuasanya serta menyerahkan foto copy KTP kepada Paman saya dan ternyata isi surat kuasa tersebut bahwa saya memberikan kuasa kepada terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., sebagai kuasa hukum,” ucapnya.

Lebih lanjut Saksi “I” dalam sidang menjelaskan bahwa sebelumnya tidak tahu surat kuasa tersebut untuk keperluan apa, setelah dijelaskan bahwa orang tuanya memiliki tanah di daerah Jatikarya dan akan diurus.“Saya sama sekali tidak tahu tanah yang mau diurus sama Pamannya dimana tempatnya, dan sampai sekarang saya belum tahu apa hasilnya, tahu-tahu saya dipanggil di Polres dimintai keterangan,” ungkapnya.

Sekitar 31 Ribu Tewas, Sekjen PBB: Gaza Alami Kelaparan dan Penderitaan Mengerikan

New York, sumbawanews.com – Warga Palestina di Gaza mengalami tingkat kelaparan dan penderitaan yang mengerikan akibat konflik. Demikian disampaikan Sekjen PBB, António Guterres, Senin (18/04).

“ Ini adalah jumlah orang yang menghadapi bencana kelaparan tertinggi yang pernah dicatat oleh sistem Klasifikasi Ketahanan Pangan Terpadu – dimanapun, kapanpun,” katanya.

Baca Juga: Dorong Gencatan Senjata, PBB: Situasi Gaza Menyedihkan 

Menurutnya, kondisi tersebut sepenuhnya merupakan bencana yang disebabkan oleh manusia. Dan laporan tersebut dengan jelas menyatakan bahwa hal ini dapat dihentikan.

ia mengatakan, hal ini menunjukkan perlunya gencatan senjata kemanusiaan segera.“Saya menyerukan kepada pihak berwenang Israel untuk memastikan akses yang lengkap dan tidak terbatas terhadap barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza dan agar komunitas internasional sepenuhnya mendukung upaya kemanusiaan kami. Kita harus bertindak sekarang untuk mencegah hal-hal yang tidak terpikirkan, tidak dapat diterima, dan tidak dapat dibenarkan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) PBB, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menegaskan kerawanan pangan akut di Jalur Gaza telah mendalam dan melebar. Dan FAO mencatat, 79 persen lebih warga Gaza kemungkinan terjerat ke dalam tingkat kelaparan yang sangat besar dari pertengahan Februari hingga pertengahan Maret. Serta 92 persen lainnya diperkirakan akan melakukan hal serupa antara sekarang hingga bulan Juli.

“Jika tidak ada langkah yang diambil untuk menghentikan permusuhan dan memberikan lebih banyak akses kemanusiaan, kelaparan akan segera terjadi,” kata Wakil Direktur Jenderal FAO Beth Bechdol. “Hal ini mungkin sudah terjadi. Akses segera diperlukan untuk memfasilitasi penyampaian bantuan mendesak dan penting dalam skala besar,” jelas dia.

Laporan IPC mencatat bahwa hampir semua rumah tangga sekarang melewatkan waktu makan setiap hari di Gaza. Orang dewasa telah mengurangi porsi makannya agar anak-anak bisa makan. “Di wilayah utara, hampir dua pertiga rumah tangga, orang-orang tidak makan sepanjang hari dan malam setidaknya 10 kali dalam 30 hari terakhir,” katanya, seraya menambahkan bahwa di wilayah utara, satu dari tiga anak di bawah umur usia dua tahun mengalami kekurangan gizi akut.

Dan di tengah intensnya pemboman Israel di Gaza, FAO mencatat bahwa permusuhan telah menghentikan pasokan air, makanan, dan bahan bakar. Semua sektor yang berhubungan dengan pangan telah runtuh, termasuk produksi sayuran, produksi peternakan, serta perikanan dan budidaya perairan.

Menurut otoritas kesehatan Gaza, 31.726 orang kini telah tewas di Jalur Gaza dan 73.792 orang terluka sejak pecahnya permusuhan. (Using)

Berita Terkini

Aktivis Pijar 98 Bongkar Kebohongan Hasto Kristiyanto

Jakarta, sumbawanews.com.- Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto melakukan kebohongan publik dengan menyebut algoritma sudah mendesain angka 17 persen untuk suara Ganjar-Mahfud. Selama ini saat...

Babinsa Koramil Mapurujaya Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Rumput Kanan Kiri Jalan

Timika, sumbawanews.com - Guna menumbuhkan semangat gotong-royong dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kondisi ruas kanan-kiri jalan yang ditumbuhi dengan rumput liar dan...

Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso

Ambon - Hendak membuka Patroli Bersama Tahun 2024, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla beserta rombongan tiba di Ambon dan...

Inilah Tanggapan Positif Warga Masyarakat Desa Selumbung Dengan Adanya TMMD Ke-119 Kodim 1623/Karangasem

Karangasem, sumbawanews.com - Meskipun TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1623/Karangasem TA. 2024 belum resmi ditutup, namun berbagai tanggapan positif mengalir dari beberapa...

Rajapaksa di Srilanka dan Joko Widodo

oleh: Muslim Arbi Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indonesia Bersatu Kejadian yang di alami oleh Sri Lanka, di mana Presiden nya Rajapaksa di demo Rakyatnya...

Berita Utama