SHARE

Sumbawanews.com.- Islam merupakan agama sempurna yang diturunkan Allah Swt, hal ini bisa kita lihat dari salah satu contoh yang kerapkali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Rosululloh memiliki kebiasaan tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan. Kadang beliau berbalik ke arah kiri sejenak dengan tujuan mempercepat proses pencernaan karena posisi lambung yang berada di atas hati.

Intelektual Muslim bernama Ibnul Qayyim al Jauziyah mengatakan bahwa barang siapa yang memperhatikan pola tidur Rosululloh, niscaya dia akan memahami posisi tidur yang benar dan memiliki banyak manfaat untuk badan dan organ tubuh.
Dari sebuah hadis al Barra’ bin Azib, Rosululloh bersabda :

“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan. ” (HR. Bukhari)

.

Lalu apa manfaat yang dapat kita ambil bila tidur dengan posisi ke arah kanan? Menurut tulisan yang ada di Buku Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian, ada 10 manfaat yang dapat kita dapat dengan posisi tidur tersebut, seperti:

  1. Dapat menjaga saluran pernapasan. Dengan posisi miring, lidah tidak akan jatuh ke pangkal mulut sehingga dapat mengganggu saluran pernapasan. Sedangkan tidur dengan posisi terlentang membuat letak lidah menghalangi saluran pernapasan. Ini yang membuat orang tidur mendengkur. Perlu diwaspadai, orang yang tidur mendengkur dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Karena kurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh, kadang kala orang bangun tidur dalam keadaan pusing.
  2. Menjaga kesehatan jantung. Posisi tidur miring ke arah kanan membuat jantung yang berada di bagian kiri tidak tertindih oleh organ yang lainnya.
  3. Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan dalam tubuh manusia lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri. Jika tidur miring ke kanan, posisi jantung akan cenderung ke kanan. Keadaan ini tidak akan menimbulkan masalah karena paru-paru kanan berukuran lebih besar.
  4. Mengistirahatkan otak bagian kiri. Dalam aktivitas sehari-hari umat muslim dominan menggunakan organ tubuh bagian kanan. Kumpulan syaraf yang menggerakkan tubuh bagian kanan terdapat di otak kiri. Dengan tidur pada posisi miring ke kanan, otak bagian kiri akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat terhambatnya sirkulasi darah.
  5. Mengurangi beban jantung. Tidur dengan posisi miring ke kanan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Akibatnya denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah juga akan menurun. Hal ini dapat menjaga kualitas tidur lebih baik.
  6. Mengistirahatkan lambung. Dalam tubuh manusia, lambung berbentuk tabung yang memiliki lubang menuju usus di bagian kanan bawah. Jika tidur dengan posisi ke kiri, maka proses pencernaan yang bersifat asam akan terganggu. Selain itu, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan cairan usus yang bersifat basa, masuk kembali ke lambung.
  7. Dapat meningkatkan proses pengosongan kantong empedu dan pankreas.
    Dapat meningkatkan penyerapan zat gizi. Dalam kondisi tertidur miring ke kanan, makanan yang telah dicerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama. Karena posisi usus halus dan usus besar ada di bawah. Ini memungkinkan penyerapan lebih optimal.
  8. Melancarkan buang air besar. Bila tubuh miring ke sebelah kanan, maka proses pengisian usus besar sebelum anus akan lebih cepat penuh. Hal ini dapat merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga merangsang keinginan untuk buang air besar.
  9. Mengistirahatkan kaki kiri. Orang cenderung menggunakan kaki kirinya sebagai pusat pembebanan. Jika tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan, maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.

Setelah mengetahui banyak manfaat yang akan didapatkan ketika tidur dengan posisi miring ke kanan, maka alangkah lebih baik jika kita mengikuti sunah Rosululloh Muhammad SAW. Selain tidur menjadi lebih nyenyak, kesehatan badan pun terus terjaga dengan baik. (sn03)

SHARE
Admin Sumbawanews