5 Dampak Negatif Rokok Terhadap Organ Tubuh

5 Dampak Negatif Rokok Terhadap Organ Tubuh

SHARE

Berbagai negara di dunia semakin ketat mengawasi para pengguna rokok. Peringatan ‘Dilarang Merokok’ disebar di beberapa titik keramaian. Hal itu tak mengherankan mengingat banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat rokok pada tubuh Anda maupun orang sekitar.

Jika melihat kandungan yang terdapat pada sebatang rokok, lebih dari 4000 bahan kimia dimana  70 bahannya mengandung racun yang bersifat kanker.

Saat merokok, Anda pun turut memasukkan zat-zat berbahaya itu kedalam tubuh yang bisa berdampak buruk, khususnya untuk jantung. Sehingga tak heran penyakit jantung merupakan penyakit yang paling sering kali menimpa para perokok. Bahkan, sebanyak 20 persen kematian akibat penyakit jantung terkait dengan kebiasaan merokok.

Untuk itu, Anda dan orang-orang yang Anda cintai pun perlu dilindungi dan dijaga jika penyakit jantung yang tidak diharapkan itu terjadi. Ada beberapa perlindungan Asuransi Kesehatan hadir untuk memberikan manfaat yang tepat. Dengan Asuransi Kesehatan, maka biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi bisa terbantu.

Selain potensi penyakit jantung, adapun potensi penyakit mematikan lainnya yang berkaitan dengan kebiasaan merokok. Simak beberapa dampak negatif rokok terhadap organ tubuh yang berhasil kami rangkum berikut ini :

Otak

Kebiasaan merokok dikatakan mampu meningkatkan risiko terkena stroke, yang menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Potensi yang diterima para perokok untuk penyakit ini bahkan mencapai 50 persen.

Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan penyakit paling berbahaya yang akan menyerang para perokok. Pasalnya, bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker.

Terkait dengan paru-paru, penyakit serius lainnya yang bisa dialami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Mulut dan Tenggorokan

Kebiasaan merokok juga dapat berdampak negatif pada mulut dan tenggorokan. Bau mulut dan gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa akan timbul. Atau yang lebih mematikan lagi, kebiasaan merokok juga berpotensi menaikan tingkat risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.

Lambung

Merokok juga diketahui dapat melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut faktor timbulnya penyakit asam lambung.

Tak hanya itu, adapun risiko penyakit mematikan yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.

Tulang

Bahan racun yang terkandung pada rokok juga bisa merusak tulang. Yakni dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis.

Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen.

Kulit

Apakah Anda menyadari jika para perokok akan terlihat lebih tua ketimbang mereka yang bukan perokok. Hal itu dapat terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke kulit . Penuaan dini akan dirasakan, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

Organ Reproduksi

Merokok juga bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis.

Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

Sekali lagi, jika kesehatan kita terganggu pastikan kehidupan Anda dan keluarga tetap terjaga. Tentunya kita tidak ingin penyakit mematikan menimpa keluarga kita, maka tidak ada salahnya kita mencari solusi terbaik untuk membuat sebuah perencanaan keuangan dan perlindungan bagi keluarga kita.  Sebagai solusi, Asuransi Prudential hadir untuk mengatasi dan membantu masalah keuangan Anda dalam membiayai pengobatan.

Jika Anda merasa produk jaminan kesehatan Asuransi Prudential masih kurang, Anda pun bisa membandingkan produk finansial yang cocok dengan kesehatan Anda melalui situs perbandingan finansial seperti CekAja.com.***

SHARE
Admin Sumbawanews