Ini Dia Kandungan Nutrisi yang Terkandung dalam ASI

Ini Dia Kandungan Nutrisi yang Terkandung dalam ASI

SHARE

Sumbawanews.com.- Sungguh menakjubkan fenomena tumbuh kembang seorang bayi. Mengandung, melahirkan, dan menyusui menjadi hal yang sangat penting dalam perjalanan bayi.

Seperti yang dilansir dari Boldky, Sabtu (13/13/2014), produksi ASI seorang ibu memiliki perbedaan dalam jangka waktu tertentu baik dari rasa, wujud, dan kandungannya.

Seperti ASI yang dihasilkan oleh ibu dengan bayi prematur, nutrisi yang terkandung mampu menguatkan kekuatan sang bayi.

Meskipun memiliki perbedaan, tetapi terdapat kandungan nustrisi terpenting yang pasti ada dari ASI. Pertama adalah asam amino. Karena kandungan protein di dalam ASI cukup rendah, asam amino diubah menjadi asupan kandungan protein yang sangat penting bagi bayi. Asam amino yang disebut dengan taurin ditemukan dalam ASI dengan jumlah besar. Sebuah studi menunjukkan bahwa taurin memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak.

Mengapa bayi umumnya terlihat gemuk? Alasannya terdapat kandungan lemak dalam ASI. Lemak ini akan dipecah oleh enzim lipase dan dialirkan dalam darah sehingga asupan sumber energi tersebar bayi bisa terpenuhi. Enzim lipase sendiri berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi terkandung dengan jumlah besar dalam ASI yang berguna sebagai bioavailabilitas.

Terakhir, ASI juga mengandung hormon yang bisa memengaruhi metabolisme, pertumbuhan, fisiologi bayi. Menurut penelitian, asam lemak dalam ASI dapat meningkat perkembangan otak dan retina mata bayi.

 

SHARE
Admin Sumbawanews