Detik-detik Suasana Kokpit Pesawat Saat Berada di Dalam Awan Cumulonimbus 

SHARE

Sumbawanews.com.- Awan Cumulonimbus (CB) merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para pilot. Awan Cumulonimbus ini diprediksi banyak kalangan menyebabkan jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 tujuan Surabaya ke Singapura

Kumulonimbus (Cb) adalah sebuah awan vertikal menjulang (keluarga D2) yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. Kumulonimbus berasal dari bahasa Latin, “cumulus” berarti terakumulasi dan “nimbus” berarti hujan. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall. Awan ini menciptakan petir melalui jantung awan. Awan kumulonimbus terbentuk dari awan kumulus (terutama dari kumulus kongestus) dan dapat terbentuk lagi menjadi supersel, sebuah badai petir besar dengan keunikan tersendiri.

Nah, bagaimana suasana didalam Kokpit pesawat, jika saat pilot menghadapi awan CB ini. Video yang rekam oleh Gilang Wardhana dan diunggah hannel 76 memperlihat suasana di Cockpit sebuah pesawat saat Lannding di Soekarno Hatta Airport.

(sn01)

SHARE
Admin Sumbawanews