Photo Kenangan Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir

Photo Kenangan Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir

SHARE

Tanggal 28 November 1928, tepat 80 tahun yang lalu, seorang putra bangsa dilahirkan. oleh kedua orangtuanya, H. Lalu Tunruang (Adipati Kesultanan Sumbawa) dan Hj. Lala Siti Zubaidah. Bayi laki-laki itu diberi nama kesayangan, Anam, atau lengkapnya, Lalu Manambai Abdulkadir.

Manambai merupakan salah satu putera terbaik Sumbawa yang berhasil mencapai puncak karier di TNI AL dengan pangkat terakhir  Laksamana Madya.

Berikut Koleksi Photo-photo Manambai yang merupakan koleksi Nurdin Ranggabarani.

 

Putera Kelahiran Sumbawa, Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir
 Manambai saat disambut oleh Presiden RI/Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, Bung Karno, dan Panglima Komando Mandala, Mayjen. TNI. Soeharto, saat Kapal Selam RI, hasil kerjasama RI-Uni Sovyet, tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Tahun 1962. Manambai, saat itu berpangkat Komodor Laut (Bintang Satu) membawa Kapal Selam dari Polandia ke Indonesia, yg kemudian diberi nama KRI Nanggala 401. Tampak dalam gambar, upacara penyambutan di atas Kapal Selam, Komodor Laut, Manambai menyematkan Tanda Kehormatan HIU KENCANA ke dada Bung Karno, yg jg disaksikan oleh Mayjen TNI. Soeharto. Manambai tercatat sebagai putra Indonesia pertama yg memperoleh sertifikasi kualifikasi Kapal Selam dan Pelatihan Persenjataan Bawah Laut. KRI Nanggala 401 adalah salah satu kekuatan armada laut RI dalam Operasi Mandala merebut kembali Irian Barat ke pangkuan NKRI.

 

 

SHARE
Admin Sumbawanews