Pemerintah Siapkan Rp 320 Miliar untuk Reforestasi dan Perbaikan DAS di Jabar...

Pemerintah Siapkan Rp 320 Miliar untuk Reforestasi dan Perbaikan DAS di Jabar dan NTB

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com. –  Pemerintah akan melakukan perbaikan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan reforestasi atau menghijaukan hutan yang gundul dan menanam pohon yang dapat menyerap karbondioksida di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2017 dengan anggaran Rp 320 milyar. Upaya ini dilakukan Pemerintah guna mengurangi resiko terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor yang sering diakibatkan oleh rusaknya lingkungan.

Aliran Sungai di NTB
Aliran Sungai di NTB

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Williem Rampanglei, usai melakukan rapat terbatas bersama Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muldjono dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Williem Rampanglei menyebutkan, frekuensi dan intensitas terjadi bencana semakin meningkat, tahun 2015 tercatat terjadi bencana sebanyak 1.732 kali, sementara tahun 2016 tercatat terjadi bencana sebanyak 2.384 kali yang mengalami peningkatan. Penyebab terjadinya bencana alam ini dikarenakan kurangnya penataan sistem DAS, pengalihan fungsi hutan hingga berbagai kerusakan lingkungan lainnya.

“Kita fokus pada reforestasi di Jabar dan NTB yang barusan termasuk DAS dan sungai, tadi itu kita bahas semua secara detail, nilainya adalah 320 milyar, dan itu sudah perintah Bapak Wapres bahwa bulan depan sudah harus mulai dikerjakan oleh Kementerian LHK dan Kementerian PUPR,” ungkap Williem Rampanglei kepada wartawan di Kantor Wapres, Jakarta.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan pihaknya akan melaksanakan progam penanaman dan pembibitan oleh rakyat pada berbagai kawasan yang telah berubah fungsi hutannya, guna mengembalikan fungsi hutan sebagai tempat resapan air. Terdapat 3 DAS yang dinilai kritis yang akan segera dilakukan perbaikan, diantaranya DAS Citarum hulu 36.817 hektar, DAS Cimanuk hlu 9.400 hektar, dan DAS di NTB 6.100 hektar

“Kita sudah mendekati akhir dari persiapan untuk penyelesaian penanganan DAS Cimanuk hulu, Citarum hulu dan DAS dari NTB yang penyebab banjir kemarin,” papar Siti Nurbaya.

Selain upaya perbaikan DAS dan reforestasi pemulihan hutan di Jawa Barat dan NTB, Pemerintah akan memetakan progam perbaikan DAS dan reforestasi hingga tahun 2019 pada seluruh daerah di Indonesia, sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana untuk jangka panjang. (Erwin S)

SHARE