Mendagri Ajukan Dua Opsi ke KPU soal Pelantikan para Kepala Daerah Terpilih

Mendagri Ajukan Dua Opsi ke KPU soal Pelantikan para Kepala Daerah Terpilih

SHARE

Jakarta , Sumbawanews.com. – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) intensif melakukan koordinasi denga Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait penyelenggaraan pelantikan para kepala daerah terpilih dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) serentak 15 Februari lalu.

Mendagri Ajukan Dua Opsi ke KPU soal Pelantikan para Kepala Daerah Terpilih
Mendagri Ajukan Dua Opsi ke KPU soal Pelantikan para Kepala Daerah Terpilih

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan dalam koordinasi tersebut pihaknya mengajukan dua opsi terkait dengan keputusan bagi kapan penyelenggaraan pelantikan para kepala daerah dilaksanakan.

“Salah satunya yaitu apakah memungkinkan jika pelantikan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan kepala daerah yang lama,” ungkapnya ketika dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, (21/4/2017).

TJahjo Kumolo menilai pelantikan kepala daerah setelah masa jabatan kepala daerah yang lama berakhir akan memakan waktu lama. Meski demikian, pihak Kemendagri menyerahkan sepenuhnya kepada KPU dalam membuat keputusan terkait penyelenggaraan pelantikan para kepala daerah terpilih pada pilkada serentak 15 Februari lalu.

“Kalau kita ikut Oktober kan tidak mungkin kelamaan, jadi opsi pertama yang akan kita pakai sesudah gugatan MK (mahkamah konstitusi) sudah berkekuatan hukum tetap. Kira-kira maksimum 2 bulan, mudah-mudahan itu. Tinggal yang selesainya Oktober kayak DKI, karena undang-undang tidak boleh memotong ya kecuali nanti undang-undang yang baru itu berlaku surut itu saya kita bisa dibatalkan. Karena, ada Aceh juga otonomi khusus nanti juga akan dilakukan dua kali pelantikan di sini (Jakarta) maupun di Aceh,” papar Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo mengatakan keputusan presiden (kepres) maupun surat keputusan (SK) terkait para kepala daerah terpilih dalam pilkada serentak 15 Februari 2017 telah rampung.

“Selain itu saat ini Kemendagri masih menunggu keputusan KPU mengenai kapan pelantikan para kepala daerah dilaksanakan nantinya,” ujarnya.

Sebelumnya, terdapat 101 daerah di Indonesia yang telah melaksanakan Pilkada serentak 15 Februari lalu. Sedangkan, DKI Jakarta menjadi satu-satunya daerah yang melaksanakan pilkada putaran kedua pada 19 April 2017. (Erwin S)

 

SHARE