Jaksa Tuntut Ahok 1 Tahun dan Percobaan 2 Tahun

Jaksa Tuntut Ahok 1 Tahun dan Percobaan 2 Tahun

SHARE

Jakarta, Sumbawanews.com. – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dituntut hukuman penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun. Gubernur DKI Jakarta itu dinilai jaksa terbukti melakukan penodaan agama Islam.Suasana jalannya sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (11/4).

“Terdakwa dituntut hukuman penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun. Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan alternatif kedua,” kata ketua tim jaksa penuntut umum, Ali Mukartono, saat membacakan surat tuntutan di sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Kesehatan Kamis (20/4).

Jaksa menganggap Ahok didakwa melanggar Pasal 156 dan Pasal 156 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Pasal 156 mengatur tentang seseorang yang dengan sengaja menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia.

Sementara, pasal 156 a mengatur seseorang yang secara spesifik mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Kasus ini bermula pada Selasa, 27 September 2016, ketika Ahok berpidato di tempat di tempat pelelangan ikan di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.(Erwin S)

 

SHARE