Home Berita Tim Ekspedisi NKRI Berikan Pengobatan Gratis Dan Lestarikan Alam Papua Selatan

Tim Ekspedisi NKRI Berikan Pengobatan Gratis Dan Lestarikan Alam Papua Selatan

sumbawanews.com,- Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi kembali melakukan pengobatan massal di Distrik Nambioman Bapai kampung Ima pada Selasa (18/10).

 

Sebanyak 250 orang yang terdiri dari berbagai jenjang usia turut memeriksa kesehatan di pengobatan massal yang dilakukan oleh Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-2/Mappi sekaligus sebagai penutup kegiatan kali ini.

 

Pengobatan Massal di kampung Ima bukan pertama kali dilakukan. Setiap tahun pada saat HKN (Hari Kesehatan Nasional) dinas kesehatan setempat melaksanakan pengobatan kepada masyarakat. Penyakit yang pada umumnya di derita masyarakat kampung Ima  dipengaruhi oleh lingkungan setempat dan menular, seperti Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa)  dan diare.

 

Awalnya masyarakat kampung Ima kurang peduli mengenai masalah kesehatan, sekarang lebih baik karena mereka sudah mau berobat ke Puskesmas terdekat. Terlebih lagi  antusias yang tinggi dari masyarakat membuktikan betapa pentingnya kesehatan untuk diri sendiri. Pengobatan yang dilakukan secara gratis ini pun sangat membantu masyarakat, pasalnya rata-rata perekonomian masyarakat kampung Ima masih cukup rendah.

 

Dr. Theresia Puspita Sari selaku dokter Puskesmas Kepi yang membantu pengobatan berharap kedepannya lebih baik jika diadakan penyuluhan kesehatan, agar masyarakat lebih peduli lagi dengan kesehatan mereka sendiri. Penyuluhan tersebut dilakukan lebih ke preventive  sebagai media informasi agar masyarakat lebih tertarik dan mengerti  maksud dan tujuan diadakannya penyuluhan kesehatan tersebut.

 

Tidak hanya itu, pengobatan massal pun diiringi dengan penanaman pohon di Sekolah Dasar Santo Petrus Ima. Dengan harapan tidak hanya sekedar peduli pada kesehatan tetapi juga Peduli terhadap lingkungan di sekitar Kita.

 

Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol menyampaikan,” Sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita, mari kita berikan contoh kepada anak anak sejak dini untuk peduli dan melestarikan alam disekitar kita”

 

Dengan menanam pohon yang tepat, kita dapat membantu menangkal hilangnya spesies, serta memberikan peningkatan habitat bagi satwa-satwa di hutan lokal. Penanaman pohon juga membantu masyarakat mencapai keberlanjutan ekonomi dan lingkungan jangka panjang, serta menyediakan makanan, energi dan pendapatan, ungkap Kapten Inf Pardol.

 

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia. (Ahmad/Puspen TNI)

Previous articleHUT Zeni Ke-72, Satgas Garuda Laksanakan Renovasi Markas Tentara Kongo
Next articlePenguatan Poros Maritim, Bakamla RI – ITS Teken MoU
Kami adalah Jurnalis Jaringan Sumbawanews, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa.